Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Berburu Suku Cadang Mercy G-Class Klasik

Kompas.com - 15/12/2017, 17:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Nusa Dua, KompasOtomotif - Memastikan ketersediaan suku cadang merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi pemilik mobil klasik. Keberadaan komponen yang sulit dicari dan harganya yang mahal merupakan resiko yang harus diterima.

Masalah ini juga yang kerap dialami oleh para pecinta Mercedes-Benz G-Class di Indonesia yang menamakan diri Mercedes Jip Indonesia. Sebagian anggota MJI merupakan pengguna G-Class generasi awal yang usia kendaraannya sudah mencapai 20-30 tahun.

Presiden MJI Cokorda Adnyana menceritakan cara yang biasa dilakukan anggota komunitasnya dalam berburu spare part. Menurut Cokorda, komponen biasanya dipesan langsung ke pabrik Mercedes-Benz di Jerman. Pemesanan biasanya dilakukan dalam jumlah banyak.

Sejumlah mobil Mercedes G-Wagen milik anggota komunitas Mercedes Jip Indonesia yang mengikuti turing di Banyuwangi dan Bali pada 8-12 Desember 2017.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Sejumlah mobil Mercedes G-Wagen milik anggota komunitas Mercedes Jip Indonesia yang mengikuti turing di Banyuwangi dan Bali pada 8-12 Desember 2017.

"Ada teman di Jerman yang punya akses langsung ke pabrikan. Jadi dia yang masok teman-teman komunitas G-Class ke seluruh dunia, termasuk kita," kata Cokorda saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Rabu (13/12/2017).

Selain memesan langsung ke pabrik Mercedes, para anggota MJI juga biasanya menitip ke sebagian anggota lainnya yang rajin berburu spare part. Menurut Cokorda, di komunitasnya memang ada anggota yang rajin berburu suku cadang hanya untuk dikoleksi."

"Ada yang punya gudang isinya spare part G-Class semua. Nanti kalau barangnya sudah banyak, akan ada waktunya dia cuci gudang. Di situ nanti kita anggota yang lain berebut beli ke dia," ujar Cokorda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com