Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Mobil Matik Tetap Bisa Didorong Saat Parkir Paralel

Kompas.com - 04/01/2018, 11:25 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif - Saat berada di pusat perbelajaan, seringkali kita menemui area parkir yang sedang penuh. Untuk menyiasatinya, biasanya petugas parkir akan meminta pemilik mobil untuk parkir paralel.

Dalam posisi parkir paralel, posisi mobil pasti akan menghalangi mobil lain. Agar mobil tetap bisa didorong, biasanya petugas parkir akan meminta agar pemilik mobil yang parkir paralel untuk tidak menggunakan rem parkir.

Baca juga : Anti Katro, Kenali Fungsi Tombol Shift Lock

Namun cara ini hanya berlaku untuk mobil bertransmisi manual. Tidak demikian dengan mobil matik. Sebab walaupun rem parkir tidak digunakan, mobil matik tetap tidak bisa didorong selama tuas transmisi berada di posisi P yang memang diperuntukan untuk parkir. Sebaliknya bila tetap memasang tuas di posisi N atau netral, kunci mobil tidak bisa dicabut.

Fungsi Shift LockStanly/Otomania Fungsi Shift Lock

Agar tidak menyulitkan petugas parkir, pengguna mobil matik hendaknya mengetahui kegunaan fitur shift lock. Tombol shift lock biasanya ada di dekat tuas transmisi.

Service Manager Bengkel Auto2000 GDC Depok Deni Andrian menyarankan pengguna mobil matik untuk menekan shift lock saat sedang parkir paralel. Shift lock diminta ditekan setelah mencabut kunci. Tujuannya agar mobil tetap bisa didorong petugas parkir saat tengah ditinggal. 

"Kalau shift locknya dipencet mobil bisa ke posisi netral. Tapi kalau tidak dipencet akan tetap terus di P. Jadi susah untuk didorong," kata Deni saat ditemui KompasOtomotif, Rabu (3/1/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com