Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2018, 16:13 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Sejak menyatakan tertarik menjadi penyuplai mesin Formula 1 (F1) pada pertengahan tahun lalu, Aston Martin ternyata sudah didekati banyak tim. Buat manufaktur mobil ikonis James Bond, DB5, sampai mobil balap, DBR9, itu ada berbagai keuntungan "nyemplung" lebih dalam di dunia F1.

Kabarnya, tim-tim independen F1 sudah mengontak Aston Martin terkait suplai mesin itu. Ada kemungkinan, kontrak kerja sama lebih dari dua tim. 

Red Bull berpeluang besar, sebab Aston Martin menjadi sponsor tim itu pada tahun ini. Bila hal itu kejadian, maka tim junior Toro Rosso juga kemungkinan menggunakan mesin Aston Martin untuk memperkuat sinergi. Mulai musim ini Toro Rosso menggunakan mesin Honda sebagai pengganti Renault.

Presiden dan CEO Aston Martin Andy Palmer, seperti dikutip dari Motorsport.com, Selasa (2/1/2018), mengatakan “termotivasi” oleh presentasi para petinggi F1 pada Oktober lalu tentang pengembangan mesin yang rencananya dilaksanakan pada 2021.

Baca: Aston Martin Resmi Nempel pada Red Bull F1

Mobil ikonis James Bond, Aston Martin DB5, tampil di hadapan publik di Jakarta, Kamis (5/11/2015).Febri Ardani/KompasOtomotif Mobil ikonis James Bond, Aston Martin DB5, tampil di hadapan publik di Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Selain soal peluang bisnis dan pengembangan teknologi, Aston Martin tergoda menjadi penyuplai mesin untuk mendongkrak citra supercar hibrida Valkyrie yang sekarang masih dalam tahap konsep. Ancang-ancang konsep mesin F1 sudah dimulai dengan merekrut kepala divisi mesin tim Ferrari Joerg Ross dan Luca Marmorini. 

“Dampak pemasaran semoga saja menjadi penjualan unit, itulah kenapa kami melakukan hal ini. Ini sebagai menanam bibit di lahan untuk saat kami membawa mobil bermesin tengah buat berkompetisi dengan Ferrari 488, itulah gunanya Valkyrie,” ucap Palmer saat ditanya tentang suplai mesin F1.

Palmer menjelaskan strategi itu untuk menyiapkan kredibilitas Aston Martin buat berhadapan langsung secara mainstream dengan Ferrari, Lamborghini, dan McLaren. Dia juga jadwal keterlibatan suplai mesin pas sebab model produksi Valkyrie rencananya lahir sekitar 2021. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.