Jok Angkot Hadap Depan untuk Kenyamanan Penumpang Wanita

Kompas.com - 28/12/2017, 18:02 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan

 

Jakarta, KompasOtomotif - Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) tengah mengusulkan agar model jok pada angkot nantinya diubah menghadap ke depan. Usulan ini sudah didiskusikan dengan sejumlah agen pemegang merek (APM) mobil dan disampaikan ke Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Ketua DPD Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan menjelaskan latar belakang adanya usulan ini. Menurut Shafruhan, banyak penumpang angkot yang merasa tidak nyaman dengan formasi jok yang menghadap ke samping, terutama penumpang wanita. Karena formasi ini membuat penumpang saling berhadapan.

"Jika posisi tempat duduk seperti sekarang ini yang berhadap-hadapan, banyak penumpang yang risih. Terutama penumpang wanita," kata Shafruhan kepada KompasOtomotif, Kamis (28/12/2017).

Angkot yang sedang menunggu penumpang.KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Angkot yang sedang menunggu penumpang.

Menurut Shafruhan, ada empat APM yang sudah diundang untuk membahas rencana ini. Keempatnya yakni Toyota, Suzuki, Daihatsu dan Wuling. Keempatnya diharapkan mampu memenuhi konsep usulan yang disampaikan Organda.

Baca juga : Avanza dan Wuling Jadi Angkot Tahun Depan

Shafruhan menyatakan jok menghadap ke depan memang akan mengurangi kapasitas. Namun akan menambah sisi kenyamanan penumpang.

"Apalagi ke depannya angkot juga harus dilengkapi AC. Jadi ini peremajaan sekaligus perbaikan pelayanan," ucap Shafruhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.