Jok Angkot Hadap Depan untuk Kenyamanan Penumpang Wanita - Kompas.com

Jok Angkot Hadap Depan untuk Kenyamanan Penumpang Wanita

Kompas.com - 28/12/2017, 18:02 WIB
Angkot KWK trayek Cililitan-Condet (M07). Angkot KWK M07 merupakan salah satu trayek angkot yang akan terintegrasi dengan layanan bus transjakarta.Kompas.com/Alsadad Rudi Angkot KWK trayek Cililitan-Condet (M07). Angkot KWK M07 merupakan salah satu trayek angkot yang akan terintegrasi dengan layanan bus transjakarta.

 

Jakarta, KompasOtomotif - Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) tengah mengusulkan agar model jok pada angkot nantinya diubah menghadap ke depan. Usulan ini sudah didiskusikan dengan sejumlah agen pemegang merek (APM) mobil dan disampaikan ke Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Ketua DPD Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan menjelaskan latar belakang adanya usulan ini. Menurut Shafruhan, banyak penumpang angkot yang merasa tidak nyaman dengan formasi jok yang menghadap ke samping, terutama penumpang wanita. Karena formasi ini membuat penumpang saling berhadapan.

"Jika posisi tempat duduk seperti sekarang ini yang berhadap-hadapan, banyak penumpang yang risih. Terutama penumpang wanita," kata Shafruhan kepada KompasOtomotif, Kamis (28/12/2017).

Angkot yang sedang menunggu penumpang.KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNA Angkot yang sedang menunggu penumpang.

Menurut Shafruhan, ada empat APM yang sudah diundang untuk membahas rencana ini. Keempatnya yakni Toyota, Suzuki, Daihatsu dan Wuling. Keempatnya diharapkan mampu memenuhi konsep usulan yang disampaikan Organda.

Baca juga : Avanza dan Wuling Jadi Angkot Tahun Depan

Shafruhan menyatakan jok menghadap ke depan memang akan mengurangi kapasitas. Namun akan menambah sisi kenyamanan penumpang.

"Apalagi ke depannya angkot juga harus dilengkapi AC. Jadi ini peremajaan sekaligus perbaikan pelayanan," ucap Shafruhan.


EditorAgung Kurniawan

Komentar
Close Ads X