“Wholesales” Toyota Sienta Anjlok di November

Kompas.com - 14/12/2017, 09:03 WIB
Toyota Sienta Ezzy Stanly/KompasOtomotifToyota Sienta Ezzy
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah Etios yang wholesales-nya dua unit, kabar tak mengenakkan dari sang pemimpin pasar datang juga dari mobil MPV pintu gesernya Sienta. Model yang lahir pada awal 2016 ini kondisinya sangat kritis.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di bulan kesebelas 2017, pasokanya hanya 25 unit atau turun 98,99 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. Sementara bulan sebelumnya Sienta dipasok sebanyak 1.485 unit.

Ini merupakan perolehan paling kecil dan penurunan terparah sepanjang Januari-November 2017. Sebelumnya, juga terjadi pada Agustus, tercatat tumbuh negatif 61,28 persen. Padahal pada Oktober sempat membaik dengan pertumbuhan 15 persen, tapi kembali anjlok di November.

Baca juga : Sienta Ezzy Bisa Jadi Varian Baru

Wholesales Sienta Januari-November 2017 (dioleh dari dara Gaikindo).Ghulam/KompasOtomotif Wholesales Sienta Januari-November 2017 (dioleh dari dara Gaikindo).

Masih akan dikonfirmasi kembali apa penyebab dari penurunan ini, pasalnya cukup jauh dan signifikan. Mungkin saja salah satu faktornya unit untuk produk Sienta dengan Vehicle Identification Number (VIN) 2017 sudah mulai habis, dan memersiapkan model VIN 2018 dengan tampilan baru atau masih ada faktor lainnya.

Sienta sendiri pada pameran otomotif GIIAS 2017 lalu baru saja kedatangan varian baru lebih maskulin, Modellista. Kemudian ada juga Ezzy, Sienta yang mendapat modifikasi berat dari Toyota Astra Motor (TAM) dan sangat jauh dari tampang awal.

Kala itu Sienta Ezzy masih sebatas pajangan dan belum dijual umum, tapi tidak dipungkiri kalau Ezzy bakal jadi varian baru Sienta. Menarik untuk ditunggu, apa yang akan dilakukan Toyota dengan Sienta-nya.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X