Kompas.com - 06/12/2017, 08:42 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Mulai Februari 2018, seluruh angkutan umum jenis apapun wajib dilengkapi sejumlah fitur untuk kenyamanan dan keamanan penumpang, salah satunya alat pengatur suhu atau air conditioner. Kewajiban ini berlaku untuk semua jenis angkutan umum, tak terkecuali angkot.

Untuk mensukseskan penerapan peraturan tersebut, produsen mobil diminta tidak lagi memproduksi mobil untuk angkot yang tak ber-AC. AC dinilai bukan lagi sekedar aksesoris. Tapi fitur yang wajib melekat di kendaraan.

"Kita dorong agar APM (Agen Pemegang Merek) jangan lagi jual aksesoris terpisah. Sekarang AC sifatnya aksesoris. Tapi ke depannya harus jadi standart equipment yang melekat di kendaraan. Karena regulasinya dibuat seperti itu," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan Sigit Widjatmoko saat ditemui KompasOtomotif, Selasa (5/12/2017).

Baca juga : Daihatsu Sulit Produksi Angkot Sesuai Peraturan Baru

Sebuah angkot trayek 02 yang diamankan di Mapolres Kota Depok pada Rabu (9/8/2017). Di angkot inilah terjadi pencabulan yang dilakukan sopir terhadap seorang penumpangnya yang masih duduk di SD.Kompas.com/Alsadad Rudi Sebuah angkot trayek 02 yang diamankan di Mapolres Kota Depok pada Rabu (9/8/2017). Di angkot inilah terjadi pencabulan yang dilakukan sopir terhadap seorang penumpangnya yang masih duduk di SD.

Diwajibkannya angkot untuk mengubah formasi tempat duduk dan pemasangan AC merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 29 Tahun 2015. Peraturan yang diterbitkan pada Februari 2015 ini mengatur tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.