Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Sulit Produksi Angkot Sesuai Peraturan Baru

Kompas.com - 30/11/2017, 18:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyatakan siap memproduksi kendaraaan untuk angkutan kota sesuai regulasi baru. Namun ada beberapa hal yang mereka anggap akan sulit untuk dipenuhi.

Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandra menyatakan, pihaknya tak keberatan untuk menyiapkan kendaraan yang memiliki alat pengatur suhu atau air conditioner, alat pemecah kaca untuk kondisi darurat, dan alat pemadam api ringan.

Namun Amelia mempertanyakan aturan yang mewajibkan pintu keluar masuk penumpang harus tertutup selama kendaraan berjalan. Amelia mempertanyakan apakah pintu yang dimaksud harus menggunakan sistem elektrik. Dalam hal ini buka tutupnya diatur oleh pengemudi.

Baca juga : Produsen Harus Sediakan Fitur AC buat Angkot

"Untuk angkot bisa cepat rusak kalau pakai elektrik. Biasanya mekanismenya mesti dibuat yang ditarik oleh kabel, bukan elektrik seperti mobil-mobil mewah," kata Amelia kepada KompasOtomotif, Kamis (30/11/2017).

Daihatsu edisi 110 tahun pada model Sirion, Luxio, Sigra, Xenia dan TeriosOtomania Daihatsu edisi 110 tahun pada model Sirion, Luxio, Sigra, Xenia dan Terios

Selama ini produk ADM yang dikenal banyak digunakan untuk angkot adalah Daihatsu Luxio. Menurut Amelia, sampai sejauh ini belum ada Luxio yang dilengkapi pintu keluar masuk penumpang dengan sistem elektrik.

Namun untuk penyediaan AC, Amelia menyatakan pihaknya siap untuk mengikuti regulasi pemerintah. Sebab sudah ada Luxio yang dilengkapi fitur ini.

"Kita sudah punya Luxio yang double blower. Tapi untuk produk yang pintunya elektrik dan bisa dibuka oleh sopir, itu yang sulit untuk kita penuhi," ujar Amelia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com