Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nostalgia, Daihatsu Bangkitkan “Roh” Sedan Lawas

Tokyo, KompasOtomotif – Masih dalam momen ulang tahunnya yang ke 110, Daihatsu coba membangkitkan kenangan lamanya, salah satunya di segmen sedan. Tampil di ajang bergengsi Tokyo Motor Show (TMS) 2017, Daihatsu hadirkan Compagno dengan konsep masa depan.

“Jadi sejak jaman dulu kami selalu mengembangkan mobil yang berguna di kehidupan dan menyenangkan dipakai. Itulah identitas Daihatsu saat itu, sekarang dan masa depan juga. Jadi untuk  mengenang simbol tersebut, kami memamerkan mobil warisan kami, tahun 1950-an dan 1960-an,” ujar Tadao Yokota, GM Brand Office Daihatsu Motor Company, Rabu (25/10/2017).

Disebut sebagai DN (Daihatsu New) Compagno, mobil yang lahir dari gen sedan lawas Daihatsu tersebut, punya tampilan unik dan futuristik, tapi tidak hilang kesan klasiknya. Menarik jika produk ini bisa diboyong ke pasar.

Compagno versi lawas sudah muncul di pasaran sejak 1963 lalu. Di zamannya, model ini disebut pernah jadi model yang populer, bahkan pernah menyandang predikat car of the year, dan pernah dipakai untuk melintasi Gurun Sahara.

“Reinkarnasi model versi modern-nya, merupakan kupe empat pintu, yang mengikuti ciri khas gaya Compagno lawas. Mobil ini targetnya bukan hanya pemuda tapi juga orang tua, dan kami buat interior dan eksteriornya punya nilai tinggi,” ucap Yokota.

Terkait urusan pilihan mesin, DN Compagno akan memiliki 1.000 cc turbo, dengan pilihan 1.200 cc hybrid. Jenin tersebut sama seperti yang digunakan pada DN Trec.

Bangkitkan Segmen Sedan

Nampaknya cukup lama Daihatsu tak terdengar lagi menyentuh segmen sedan,  dan secara perlahan kali ini mulai digairahkan kembali, melalui model konsepnya. Selain Compagno, sedan Daihatsu yang cukup punya nama adalah Charade, dan juga populer di Indonesia.

Sebelum datang DN Compagno, konsep sedan yang dihadirkan Daihatsu adalah DN F-Sedan, yang pertama kali dipamerkan di pameran otomotif Agustus 2017 lalu. Namun pertanyaan soal sinyal-sinyal tersebut, belum ditanggapi serius oleh Daihatsu.

“Ketika kami akan mengeluarkan produk, tentunya disesuaikan dahulu dengan market dan hasil survey-nya,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/10/26/094200715/nostalgia-daihatsu-bangkitkan-roh-sedan-lawas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke