Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi untuk Tekan Kematian Anak di dalam Mobil

Kompas.com - 04/10/2017, 17:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Carscoops

New York, KompasOtomotif - Tingginya angka kematian anak yang duduk di baris belakang mobil akibat suhu panas di Amerika Serikat makin meningkat. Kondisi ini pun disikapi oleh beberapa industri mobil dengan mengembangkan inovasi untuk mencegah insiden tersebut.

Salah satunya seperti yang dikerjakan oleh Hyundai. Produsen asal Korea Selatan ini resmi mengenalkan Rear Occupant Alert yang merupakan teknologi sensor guna memberikan peringatan kepada pengendara.

Saat pengendara hendak meninggalkan mobil, fitur Rear Occupant Alert akan mendeteksi apakah ada penumpang yang tertinggal di belakang. Informasi tersebut akan tampil di instrument cluster sehingga mudah untuk diketahui.

Namun bila pengendara tetap tidak tanggap dan pergi meninggalkan mobil, dengan sendirinya sistem ini membunyikan klakson, menyalakan lampu, sampai mengirimkan peringatan ke smartphone melalui koneksi Blue Link Hyundai agar pengendara mendapt informasi.

Baca : Regulasi Baru Cegah Kematian Anak di dalam Mobil

 Rear Occupant Alert Rear Occupant Alert
"Fitur Rear Occupant Alert adalah contoh lain bagaimana kita melakukan hal-hal yang lebih baik di Hyundai. Sistem ini merupakan langkah awal dalam mencegah tragedi mengerikan," ucap Vice President for Product, Corporate and Digital Planning at Hyundai North America Mike O’Brien, yang disitat dari Carscoops.

Hyundai berencana untuk menerapkan sistem tersebut untuk jajaran produknya pada 2019 mendatang. Angka kematian anak di Amerika Serikat tiap tahun makin meningkat, untuk 2017 sendiri telah terjadi 38 kasus kematian akibat kelalaian orang tua meningalkan anak dalam mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Carscoops
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com