Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daimler Gelontorkan Rp 794 M buat Baterai Truk

Kompas.com - 18/09/2017, 13:07 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Stuttgart, KompasOtomotif – Raksasa otomotif Jerman Daimler makin serius menggarap segmen kendaraan listrik, terutama di sektor niaga dengan gelontorkan investasi 60 juta dolar atau Rp 794 miliar, untuk mengadopsi “FlashBattery”.

Truk listrik yang ada di bawah Daimler nantinya bisa diisi penuh hanya dalam waktu 5 menit saja. Teknologi ini akan dikembangkan oleh perusahaan asal Israel yang digandeng Daimler, StoreDot. Ini juga nantinya bisa diarahkan pada kendaraan listrik penumpang.

Perusahaan mengklaim baterai lithium-ion ini mampu mengisi daya smartphone dan kendaraan listrik hanya dalam hitungan menit saja, atau tepatnya lima menit. Baterai tersebut didukung oleh senyawa organik (berbasis karbon) dan nanomaterials (zat yang terbuat dari partikel kecil).

“Solusi StoreDot menggabungkan senyawa organik dan bahan nano yang dikembangkan di lab kami. Kami fokus pada teknologi pengisian cepat, di mana berbanding terbalik dengan industri lainnya yang fokus pada kepadatan energi," ujar Doron Myersdorf, Kepala Eksekutif StoreDot mengutip CNBC, Senin (18/9/2017).

Baca  juga : Daimler Kirim Truk Listrik Pertama Fuso

Perusahaan yang berbasis di Tel Aviv tersebut juga mengklaim baterainya ramah lingkungan, dan dapat memungkinkan kendaraan listrik melaju lebih dari 300 mil setelah diisi penuh. Samsung Ventures, Norma Investments, Lucion Venture Capital, dan beberapa lembaga keuangan Israel dan China lainnya, ikut dalam investasi tersebut.

Martin Daum, salah satu petinggi Daimler yang bertanggung jawab atas bisnis truk dan bus mengatakan, kemajuan menuju armada truk listrik merupakan "prioritas utama" bagi raksasa otomotif tersebut.

"Elektrifikasi truk menjadi prioritas utama di Daimler," ujar Daum.

Daimler mulai memproduksi truk ringan listrik sendiri, yang disebut Fuso eCanter awal tahun ini. Daum menambahkan, kalau ini membuktikan perusahaannya berusaha menghasilkan kendaraan listrik untuk "penggunaan sehari-hari" di pasar.

"Pengisian cepat adalah topik yang penting, terutama bagi pemilik armada semua merek Daimler Truck. Bersama dengan StoreDot, sekarang kami akan bekerja sama terkait pengisian baterai dengan cepat," tutur Daum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com