Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Off-Road Naik Truk Tambang Tata

Kompas.com - 15/09/2017, 12:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Bogor, KompasOtomotif – PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) memberi kesempatan kepada media untuk merasakan langsung performa truk tambang dan konstruksi Tata Prima 2528.K. Ini dilakukan demi demi pemahaman teknis soal teknologi dan fitur dump truck 6X4 itu.

Kondisi mirip habitat asli dipilih, memanfaatkan wahana off-road De Pes di Desa Pelangi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, (14/9/2017). Sementara Tata Prima 2528 sendiri adalah truk heavy-duty yang dipergunakan sebagai dump truck untuk mengangkut komoditas tambang dan material konstruksi.

Paling tidak, KompasOtomotif bisa merasakan sekilas, bagaimana usaha para sopir di pertambangan menaklukkan area kerjanya yang tricky dan tentu saja, mengandung unsur bahaya.

Ngeri karena belum terbiasa, tapi ada rasa percaya diri, karena dukungan fitur keamanan dan sistem pintar yang membuat truk aman melaju dalam kondisi ektrem.

Baca: Komitmen Tata buat Konsumen ?Fleet? Prima 2528

Medan yang dilalui memang bukan area tambang, namun dianggap menyerupai. Ada turunan curam, belokan tajam, menanjak, becek, sampai bergelombang besar. Semua disiapkan untuk menguji sistem penggerak 6X4 dan fitur unggulan.

Bala Bantuan
Banyak bantuan yang ditawarkan truk ini untuk pengemudi. Ketika jalanan menurun, engine brake otomatis bekerja. Lepas pedal kopling dan gas, bahkan rem, untuk melaju pelan. Sedikit injak gas kalau mau sensasi engine brake berkurang sedikit. Tapi itu tak akan dilakukan sopir dengan beban bawaan 25 ton di bak.

Bodi memang besar, tapi sudah ada power steering untuk membuat lingkar kemudi terasa enteng. Radius putarnya juga baik, berbelok tajam tidak ada kendala. Meski banyak guncangan, rasanya nyaman berada di dalam, berkat dukungan suspensi kabin yang mumpuni.

Dashboard dan tombol-tombolnya di dalam kabin Tata Prima 2528.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Dashboard dan tombol-tombolnya di dalam kabin Tata Prima 2528.
Dari data teknis, kabin itu dilengkapi 4-point suspension. Lalu, tempat duduk pengemudi dan posisi lingkar kemudinya dapat diatur sesuai keinginan untuk mendapat posisi terbaik. Kabinnya juga sudah punya blower serta penyejuk ruangan jika diminta.

Mesin memang belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya karena medan terbatas. Namun dari sini sudah bisa ditakar, bagaimana torsi melimpah mesin Cummins 6.700 cc itu bekerja di putaran mesin yang rendah.

Ketika akan melalui medan bergelombang tinggi, kita tinggal aktifkan penggerak enam roda (6X4) via tombol pada dashboard. Setelah ada indikator yang menyala pada melter cluster, seketika 2 axle bekerja bersamaan.

Overall, ada sensasi tangguh yang disiratkan pada truk India ini. Menurut pihak TMDI, Tata Prima 2528 ini adalah dump truck rasa Eropa. Atau mungkin gado-gado, karena mesinnya saja diusung dari teknologi Cummins, Amerika Serikat. Transmisi ZF, terkenal buatan Jerman. Sasis dari Meksiko.

Jika memang niat berinvestasi dengan pesaing baru, konsumen cukup menebus cabin chassis dengan banderol Rp 802,39 juta off the road. Sedangkan versi dump truck karoseri dipatok Rp 992,5 juta on the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com