Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baleno "Hatchback" Mulai Usik Yaris dan Jazz

Kompas.com - 12/09/2017, 07:23 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Suzuki Indomobil Sales (SIS) menuai hasil positif dari Baleno hatchback. Sejak resmi diluncurkan dalam pameran otomotif nasional,  Agustus 2017 lalu, surat pemesanan kendaraan (SPK) sudah mencapai ribuan unit.

Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS 4W, menjelaskan, Baleno hatchback mendapat respons positif dalam waktu yang cukup singkat. Angka tersebut tidak lepas dari penerapan strategi harga serta nama besar dari Baleno di Tanah Air.

"Sejak diluncurkan hingga akhir Agustus 2017 kemarin sudah lebih dari 1.700 unit secara nasional, ini positif sekali dalam waktu 20 hari," ucap Donny saat berbincang dengan KompasOtomotif, Senin (11/9/2017).

Bila berkaca dari rata-rata penjualan di segmen hatchback, angka tersebut jadi modal untuk Baleno bersaing dengan dua penguasa utama, yakni Honda Jazz dan Toyota Yaris. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Jazz pada Juli lalu di angka 1.112 unit, sedangkan Yaris 702 unit.

Baca : Seberapa Sakti Baleno di Pasar "Hatchback"

Head of Research and Brand Development 4W SIS Harold Donel, mengatakan, dari SPK yang masuk, tertinggi dikuasai tipe matik dengan persentase hampir 65 persen.

Suzuki Baleno HatchbackAditya Maulana - Otomania Suzuki Baleno Hatchback

"Tipe tertinggi paling laris, kalau dari wilayah, Jabodetabek masih menjadi kontribusi besar, lalu Surabaya. Pecapaian ini memang cukup membuat kami kaget, karena di luar dari prediksi awal," kata Harold di waktu yang sama.

Saat ditanya mengenai rencana produksi lokal, Harold menjelaskan melihat perkembangan pasar lebih dulu dalam waktu beberapa bulan kedepan.

"Kita pantau empat sampai enam bulan seperti biasa, lihat tren selama masa honeymoon sesion dulu, karena biasanya tiga bulan baru kelihatan naik-turunnya. Dari kami sebenarnya ingin lokal dengan harga yang tetap, tapi will see," ucap Harold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com