Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CRF250R Baru, Makin Ringan dan Liar

Kompas.com - 01/08/2017, 08:01 WIB
Stanly Ravel

Penulis

London, KompasOtomotif - Setelah sempat menyebar video singkat pekan lalu, Honda akhirnya megumumkan secara resmi untuk merilis CRF250R 2018 terbarunya. Sepeda motor penggaruk tanah ini akan datang dengan ground-up desain, mesin, sasis, dan sistem kelistrikan baru yang diklaim lebih baik.

Fokus pada sasis desain CRF250R 2018 adalah untuk meningkatkan akselerasi saat berkendara. Dikutip dari Motorcyclenews, untuk mencapai titik tersebut, maka Honda melakukan revisi pada diameter piston (bore up) dan langkah piston (stroke up) dari mesin berkubikasi 249.4 cc. Bahkan Honda juga ikut membenamkan crankshaft baru untuk perbaikan internal seluruh mesin.

Bac : Penantang CRF dan Versys250 dari Suzuki

Hasil dari pembaruan tersebut membuat CRF250R 2018 lebih bertenaga dan responsif. Bahkan Honda mengklaim performanya naik sembilan persen dibandingkan model 2017, sedangkan untuk melesat dari 0-10 meter lebih cepat tiga persen, dan 3,6 persen makin cepat ketika melaju di atas 10 meter lebih.  

Untuk perbaikan pada stuktur, Honda menanamkan beberapa komponen milik CRF450R. Seperti sok up-side down Showa 49 mm yang memiliki jarak sumbu roda 3 mm lebih pendek, sampai monoshock dari Honda Pro-Link System.

Honda CRF250R 2018 Honda CRF250R 2018

Sedangkan untuk menunjang performa agresif, sasis dirancang ulang dengan penyusutan bobot sampai 340 gram, begitu juga pada mangkuk kopling dengan berat yang lebih ringan hingga 200 gram. Untuk wadah bahan bakar, CRF250R juga mengaplikasi tangki titanium milik CRF450R yang diklaim mampu mereduksi berat keseluruhan hingga 513 gram.

Sayangnya, Honda belum merilis detail resmi mengenai spesifikasi perubahan tenaga, torsi, serta kemampuannya dalam melahap medan off-road. Bahkan soal kisaran harga barunya belum diumumkan hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com