Motor China Beli Teknologi Mesin Inggris

Kompas.com - 31/07/2017, 11:01 WIB
Kerjasama ZhongShen dan Norton untuk mesin 650 cc.istimewa Kerjasama ZhongShen dan Norton untuk mesin 650 cc.

Chongqing, KompasOtomotif – Masih ingat merek ZhongShen yang pernah menginvasi Indonesia lewat beberapa tipe sepeda motornya beberapa tahun silam? Meski di sini ”tenggelam ditelan bumi”, namun merek ini sebenarnya masih eksis, dan justru makin menggeliat di negeri sendiri.

Kabar terbaru, ZhongShen mendapatkan lisensi desain dan teknologi mesin dari merek sepeda motor asal Inggris, Norton Motorcycles, terikat hingga 20 tahun ke depan. Langkah ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan mesin berstandar emisi Euro IV di berbagai pasar dunia.

Perjanjian ini khusus ditujukan untuk mesin sepeda motor 650 cc yang dikembangkan oleh Norton, dan lisensi jantung pacu ini akan secara ekslusif diberikan untuk ZhongShen. Nantinya, di China, mesin akan diproduksi dan diberi nama baru, ”Cyclone”.

Tidak ada penyebutan soal angka dalam perjanjian itu, namun pernyataan Norton di media sosial, ”jutan dollar AS” sudah dibayarkan ZhongShen atas langkah ini. Lalu, royalti akan dibayarkan untuk Norton dari setiap mesin yang diproduksi.

Sepertinya, Norton akan untung besar dari sini. Gambarannya, pada 2016 lalu, ZhongShen memproduksi sekitar 4 juta mesin sepeda motor berbagai kapasitas, dan output dalam bentuk sepeda motor mencapai lebih dari 1 juta unit. Mereka mempekerjakan lebih dari 18.000 karyawan.

”Ini adalah penggunaan yang sangat baik untuk mesin 650 cc kami, dan menunjukkan rancangan level tinggi Norton. Bekerja dengan ZhongShen memungkinkan mereka memberikan mesin berkualitas dengan emisi yang rendah sebagai standar global,” ucap Stuart Garner, CEO Norton.

Garner melanjutkan bahwa komersialisasi teknologi adalah area kunci dari Norton, dan hasil dari sini akan diinvestasikan kembali untuk menaikkan kapabilitas kemampuan, pelatihan, dan penciptaan teknologi dalam jangka panjang.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorAgung Kurniawan
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X