Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Engine Check” Menyala, Efek dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/07/2017, 12:14 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Tanda ”engine check” pada panel indikator menyala, jangan panik. Kenali penyebabnya dan lakukan ”pertolongan pertama”. KompasOtomotif sudah membeberkan beberapa ”tersangka”-nya dalam artikel pendahulu.

Baca : Simbol ?Engine Check? Menyala, Artinya Apa?

Paling penting, ketika kejadian tersebut Anda alami adalah tindakan atau cara mengatasinya. Rusdi Sopandi, pengelola bengkel Fendryss di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, mengatakan bahwa jika hal tersebut tak segera diatasi, akibatnya akan berentet.

”Jika kena sensor-sensor tertentu, mesin bisa makin boros, atau terasa berat, ’brebet’, keluar asap hitam, susah hidup, dan lainnya,” ujar Rusdi, yang juga menjabat sebagai Manajer Mekanik Misterbrum Indonesia, (6/7/2017).

Pertolongan pertamanya adalah sebagai berikut:

1. Cabut konektor aki negatif dalam kondisi mesin mati. Hubungkan konektor aki negatif dan positif (konektor kabelnya saja), tunggu selama tiga detik, lalu pasang kembali.
2. Bila ada kesalahan, atau error, maka engine check akan mati dan normal kembali. Namun jika masih menyala, kemungkinan adanya sensor yang rusak.

Saat Anda mendapati kasus nomor dua, segera bawa ke bengkel, lalukan scan menggunakan scanner untuk mengetahui pasti sensor mana yang bermasalah. Lalu, ganti sensor yang rusak tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com