Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

60 Persen dari 8.000 Mobil, Memakai Ban “Tak Layak”

Kompas.com - 07/06/2017, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berbarengan dengan program “Ramadhan Trade-In” mulai dari 3-18  Juni 2017, PT Goodyear Indonesia juga membantu pemilik mobil melakukan deteksi dan pemeriksaan ban gratis, di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta, Surabaya, dan Bogor.

Dari sekitar 8.000 kendaraan yang bannya diperiksa, ada penemuan sekitar 60 persennya masih menggunakan ban yang sudah seharusya diganti. Ini menandakan kalau masih sangat banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan keselamatan, dan membiarkan ban mobil tak layak pakai tetap digunakan.

Pemeriksaan yang dilakukan yaitu dengan melihat sisa ketebalan tapak ban, menggunakan Tread Depth Indicator (TDI). Hasilnya, ditemukan fakta kalau kebanyakan ban berada di garis kuning. Bagi mobil yang sudah diperiksa akan ditandai dengan lembar rekomendasi dan kartu TDI.

Itu artinya, ketebalan tapak ban hanya bersisa antara 2-4 milimeter lagi, sebelum akhirnya lapisan karkas ban bergesekan langsung dengan aspal jalan. Ini merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya bagi keselamatan.

Tukar Tambah

Dalam siaran resminya, Selasa (6/6/2017) menyoal program “Ramadhan Trade-In”, pihak  Goodyear Indonesia memberi kesempatan melakukan tukar-tambah ban merek apapun, dengan kondisi bagaimanapun. Diskon yang diberikan hingga Rp 400.000 untuk pembelian satu set ban Goodyear.

Konsumen juga menadapat layanan purna jual "Worry Free Assurance", yang berlaku 90 hari atau 12.000 kilometer sejak melakukan registrasi. Layanan terdiri dari penggantian ban yang rusak karena pemakaian dan kondisi jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com