60 Persen dari 8.000 Mobil, Memakai Ban “Tak Layak”

Kompas.com - 07/06/2017, 08:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Berbarengan dengan program “Ramadhan Trade-In” mulai dari 3-18  Juni 2017, PT Goodyear Indonesia juga membantu pemilik mobil melakukan deteksi dan pemeriksaan ban gratis, di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta, Surabaya, dan Bogor.

Dari sekitar 8.000 kendaraan yang bannya diperiksa, ada penemuan sekitar 60 persennya masih menggunakan ban yang sudah seharusya diganti. Ini menandakan kalau masih sangat banyak pemilik kendaraan yang mengabaikan keselamatan, dan membiarkan ban mobil tak layak pakai tetap digunakan.

Pemeriksaan yang dilakukan yaitu dengan melihat sisa ketebalan tapak ban, menggunakan Tread Depth Indicator (TDI). Hasilnya, ditemukan fakta kalau kebanyakan ban berada di garis kuning. Bagi mobil yang sudah diperiksa akan ditandai dengan lembar rekomendasi dan kartu TDI.

Itu artinya, ketebalan tapak ban hanya bersisa antara 2-4 milimeter lagi, sebelum akhirnya lapisan karkas ban bergesekan langsung dengan aspal jalan. Ini merupakan suatu kondisi yang sangat berbahaya bagi keselamatan.

Tukar Tambah

Dalam siaran resminya, Selasa (6/6/2017) menyoal program “Ramadhan Trade-In”, pihak  Goodyear Indonesia memberi kesempatan melakukan tukar-tambah ban merek apapun, dengan kondisi bagaimanapun. Diskon yang diberikan hingga Rp 400.000 untuk pembelian satu set ban Goodyear.

Konsumen juga menadapat layanan purna jual "Worry Free Assurance", yang berlaku 90 hari atau 12.000 kilometer sejak melakukan registrasi. Layanan terdiri dari penggantian ban yang rusak karena pemakaian dan kondisi jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.