Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Jamin Stok BBM Jelang Mudik 2017

Kompas.com - 31/05/2017, 04:21 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Pertamina memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) pada Ramadhan dan Idul Fitri 2017 dalam kondisi aman. Hal ini berlaku untuk semua jenis BBM, baik subsidi seperti Premium dan Solar, maupun non subsidi layaknya Pertamax Series dan Pertamax Dex Series.

Adiatma Sardjito, VP Corporate Communication Pertamina, menjelaskan pihaknya sudah mengevaluasi peningkatan konsumsi dan sudah menyiapkan ketersedian BBM baik pada masa arus berangkat dan dan pulang.

"Pada prinsipnya menghadapi puasa dan Lebaran kita sudah siapkan semuanya. Kita membangun stok BBM dengan menambah armada mobil tangki beserta awaknya, membuat cadangan-cadangan di SPBU yang diprediksi akan padat dilalui jalur pemudik. Fokusnya di pulau Jawa, terutama pada titik pintu kelur tol seperti Cikampek, Tegal, Boyolali dan sebagainya," papar Adiatma dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Baca : Cara Pertamina Sambut Ramadhan dan Mudik 2017

Menururut Adiatma, ketahanan stok BBM sudah di atas rata-rata. Untuk Premium stoknya menjadi 24 hari, Solar 26 hari, Pertamax 24 hari, Turbo 22 hari, Pertalite 21 hari, Dex 37 hari, dan Avtur 22 hari. Sedangkan secara keseluruhan, peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya mencapai 31 persen pada saat menjelang Lebaran.

Pada musim mudik tahun ini, kenaikan konsumsi BBM juga akan meningkat dibandingkan hari biasa. Premium diperkirakan naik lima persen, Pertamax 10 persen, dan terbesar adalah Pertalite yang mencapai 15 persen.

Kristianto Purnomo/Kompas.com Kendaraan mengular 18 kilometer di Tol Pejagan-Pemalang ruas Pejagan Brebes Timur, Jumat (1/7/2016).

Untuk Dexlite Series, seperti Dex dan Dexlite, yang digunakan kendaraan pribadi diperkirakan naik 10 persen dari konsumsi harian. Hal berbeda justru pada Solar dan Bio Solar yang konsumsinya justru akan turun dari hari biasanya.

"Solar produksi yang biasa digunakan untuk truk pengangkut akan turun, karena pada musim itu biasanya truk akan jarang beroperasi. Penurunannya bisa sampai minus sembilan persen dari hari biasa. Dexlite Series naik karena orang pasti butuh Solar berkualitas untuk mobil pribadi," ujar Adiatma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com