Wuling Mencoba Rendah Hati Sama Merek “Senior” di Indonesia

Kompas.com - 24/05/2017, 09:41 WIB
Wuling Confero S. Ghulam/KompasOtomotifWuling Confero S.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasaOtomotif – Cukup mengejutkan, ketika pasar otomotif kondisi melemah di 2015, tiba-tiba merek mobil asal China, Wuling gelontorkan dana investasi sampai 700 juta dolar AS atau Rp 9,3 triliun, untuk masuk di industri otomotif nasional.

Fasilitas produksi dan kompleks pemasok pun dibangun, di atas lahan seluas 60 hektar di Greenland International Industrial Center (GIIC) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Peletakan batu pertama dilakukan di 2015 dan tahun ini sudah rampung.

Investasi besar ini tentu biasanya diikuti dengan ambisi dan optimisme besar, tapi pihak Wuling masih seperti menundukkan kepala, dan belum mau terlalu bersumbar soal pertarungannya di pasar otomotif dalam negeri. Lebih lagi menantang langsung Toyota, Honda, Suzuki serta merek lainnya.

Baca juga : Kumpulan Fakta "Mobil China" Wuling di Indonesia

“Pertama kali memang diketahui, kalau pasar mobil di Indonesia terbesar di ASEAN, dan juga populasinya cukup besar. Saya pikir dengan Wuling memasuki pasar ini, tidak secara langsung mengatakan kalau kami akan bertarung dengan para  kompetitor,” ujar Cindy Cai, Vice President of Vehicle, Sales, Service, and Marketing Wuling Motors kepada KompasOtomotif, Selasa (24/5/2017).

“Namun, kami hanya ingin menyediakan pilihan baru untuk masyarakat Indonesia. Saya pikir juga kalau market berkembang, Wuling memperoleh market share dan bisa menjadi opsi bagi konsumen, itu adalah tujuan kami. Seperti diketahui kalau pasar sedang tumbuh, dan kami punya kesempatan untuk masuk ke pasar ini,” ujar Cindy.

Cindy menambahkan, kalau Wuling berkomitmen di Indonesia untuk jangka waktu yang panjang, tidak hanya mengejar satu, dua atau tiga tahun saja. Wuling berjanji bakal menghadirkan produk yang bagus.

Baca juga : Melirik Keperkasaan Wuling di Negeri Asalnya

“Saya pikir Indonesia adalah potensial market, tentu kami punya gairah di sini, tapi belum mau membicarakan mengenai angka sekarang, it’s too early for new comer,” ujar Cindy ketika ditanyakan soal target pangsa pasar.

Wuling sudah menampakkan model multi purpose vehicle (MPV) perdananya untuk Indonesia, Confero S bermesin 1.5L bertransmisi manual. Model ini rencananya akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2017, diikuti dengan banderol harganya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X