Pemerintah Tanpa Target Buat Industri Komponen

Kompas.com - 30/03/2017, 07:42 WIB
Aksesoris head up display untuk kendaraan di INAPA 2016 Setyo Adi/OtomaniaAksesoris head up display untuk kendaraan di INAPA 2016
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Industri komponen, khususnya di bidang otomotif otomotif, tak mendapat beban target dari pemerintah. Pertumbuhannya akan sangat bergantung dengan kenaikan kebutuhan (pasar) kendaraan di Indonesia.

Kendati demikian, bukan berarti pemerintah melalui Kementerian Perindustrian tinggal duduk manis. Menurut Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronik, I Gusti Putu Suryawirawan, (29/3/2017), yang dilakukan pemerintah adalah membuat stimulus agar industri otomotif stabil.

”Kalau market (pasar otomotif)-nya tumbuh, pasti industri komponen akan tumbuh juga. Sekarang yang kami lakukan adalah bagaimana menumbuhkan itu semua. Jadi kami tak bisa mematok target komponen harus sekian. Kalau market tidak tumbuh nggak ada gunanya juga,” kata Putu, di Jakarta.

Putu menggarisbawahi bahwa ke depan, banyak sekali proyek infrastruktur pemerintah. Inilah momentum industri komponen, mulau dari otomotif sampai komponen kereta api memanfaatkan untuk mengembangkan industri.

Namun, dengan catatan, Putu mengatakan bahwa pengadaan tidak mendadak, atau harus ada perencanaan. ”Jangan misalnya tiga bulan mau dipakai baru ditender sekarang. Akhirnya yang masuk produk impor. Kita harus berikan kesempatan terlebih dahulu untuk industri komponen lokal,” ucapnya.

Adanya proyek pemerintah yang semakin banyak ini seharusnya menurut Putu membuat industri komponen berpinda ke ara itu. Karena, pada umumnya, barang yang dibutuhkan ”itu-itu juga”, misalnya pengerjaan logam macam stampling, metal cutting, sampai peleburan.

Industri komponen di Indonesia diminta Putu untuk meningkatkan daya saing dan mengikuti perkembangan teknologi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pameran International Trade Exhibition for Auto Parts, Accessories, and Vehicle Equip (INAPA) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, 29 Maret-1 April, bisa dijadikan tolok ukur kemampuan industri dalam negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.