Toyota Indonesia Kejar 10 Persen Pertumbuhan Ekspor

Kompas.com - 08/03/2017, 17:48 WIB
Toyota Inodnesia sudah mulai ekspor Sienta ke negara tetangga sejak akhir 2016. Donny A/KompasOtomotifToyota Inodnesia sudah mulai ekspor Sienta ke negara tetangga sejak akhir 2016.
|
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif
- PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menargetkan kenaikan volume ekspor, menjawab kebutuhan pasar mancangera. Jika tahun lalu finish dengan total pengiriman 165.000-an unit, samai akhir 2017 diharapkan terdongkrak 10 persenan menjadi 185.000-an unit.

Kenaikan itu bisa dicapai karena beberapa hal. Menurut Edward Otto Kanter, Direktur Senior TMMIN, mengatakan bahwa alasan utama adalah bertambahnya negara destinasi. Vietnam sudah pasti jadi "konsumen" baru tahun ini, lalu sedang dijajaki adalah Maroko.

"Vietnam sebelumnya menerima Fortuner dalam bentuk CKD dari Indonesia dan Thailand, sekarang CBU dari kita. Hal itu karena adanya perubahan kebijakan perpajakan di sana. Jadi mereka memutuskan impor utuh," ujar Edward, ditemui media di pelabuhan PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), Tanjung Priuk, Jakarta, (8/3/2017), melihat secara langsung aktivitas ekspor mobil Toyota.

Sienta
Harapan kenaikan juga bisa didapat dari produk baru. Saat ini, All New Sienta menjadi lini produk terakhir TMMIN yang masuk di jajaran mobil untuk dikapalkan. Empat negara menjadi sasaran, terutama Asia.

"All new Sienta mulai kami ekspor pada Agustus 2016 lalu. Hingga Desember 2016, angka ekspor yang telah dicapainya sebanyak 5.800an unit. Januari lalu suah terkirim 600 unit ke Thailand, Malaysia, Singaura, dan Brunei Darussalam," kata Edward.

Sienta yang diekspor keempat negara itu berspesifikasi setir kanan. Edward mengaku belum melakukan penjajakan ke negara-negara dengan konfigurasi setir kiri, karena butuh instrumen baru untuk mengubah panel. TMMIN juga harus menjajaki bersama pihak prinsipal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.