Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Ekspor Toyota Semakin Indonesia

Kompas.com - 08/03/2017, 16:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif- Kepercayaan dunia luar terhadap kualitas mobil buatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) semakin tinggi. Hal inilah yang membuat perusahaan terus meningkatkan kompetensi.
 
Salah satu upaya peningkatan nilai dan kualitas ekspor tersebut antara lain melalui pendalaman industri otomotif terutama industri komponen lokal. Selain perbaikan logistik di Toyota, serta pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 
 
Ribuan komponen dibutuhkan untuk memproduksi satu unit kendaraan secara utuh. Dalam industri otomotif, 70 persen komponen berasal dari rantai pemasok. Sedangkan hanya 30 persen diproduksi secara mandiri (in-house). Ini menunjukkan bahwa pemasok memiliki peranan penting dalam menjaga kualitas produk.
 
Kolaborsi
Toyota berkolaborasi dengan rantai pemasok demi menjaga dan meningkatkan kualitas produk. Antara lain melalui pelatihan serta pendampingan keterampilan dan pengetahuan SDM, dilengkapi dengan penerapan manajemen produksi sesuai dengan Sistem Produksi Toyota (Toyota Production System) di perusahaan pemasok.
 
“Semakin berkembangnya kualitas produksi dari rantai pemasok, Toyota berharap peningkatan ekspor akan terus terjadi bukan hanya dalam bentuk kendaraan utuh melainkan juga dalam bentuk mesin dan komponen kendaraan," ujar Edward Otto Kanter, Direktur Senior TMMIN, (8/3/2017) di Jakarta.
 
Ditambahkan Edward, dukungan sistem logistik terpadu juga merupakan salah satu kunci utama memberikan pelayanan pengiriman yang tepat waktu dengan kualitas produk yang terus terjaga hingga diterima oleh pembeli di negara tujuan ekspor.
 
"Keseluruhan upaya ini kami lakukan untuk memperkuat peran Toyota sebagai basis ekspor serta mendukung cita-cita dalam menjadikan Indonesia sebagai pusat pelabuhan regional (port hub) di kawasan Asia Pasifik,” ucap Edward.
 
Saat ini, produk-produk bermerek Toyota baik berupa kendaraan utuh maupun terurai, mesin utuh dan komponen kedaraan, serta alat bantu produksi dari Indonesia, dapat ditemui di lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com