Kemenhub Optimistis dengan Uji Publik Taksi "Online"

Kompas.com - 02/03/2017, 13:48 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Tahap awal revisi Peraturan Menteri No.32 Tahun 2016 tentang taksi online sudah digulirkan melalui uji publik pada 17 Februari lalu. Pemerintah bersama pada pemangku kepentingan dari beragam sektor dilibatkan untuk sosialisasi adanya perubahan aturan sebelumnya.

Dari hasil uji publik pertama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto menerangkan bahwa hasilnya cukup baik dan tinggal menunggu pengujian berikutnya.

"Uji publik kita lakukan untuk meminta pendapat. Dari yang pertama ternyata sudah positif, artinya semua sudah menerima dengan baik, buktinya tidak ada gejolak, baik dari pihak pengusaha taksi online atau konvensional kan," ucap Pudji saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (1/3/2017).

Hasil pertama, lanjut Pudji, akan kami lakukan lagi pengembangan agar semua bisa fix. Nanti akan ada uji publik kedua, tapi untuk waktu dan tempatnya di mana masih belum putus, Pudji  akan melihat daerah mana yang masih perlu penjelasan lebih dalam lagi.

Kompas.com/Robertus Belarminus Belasan taksi online yang dirazia petugas dikadangkan di Terminal Mobil Barang Dishub DKI di Pulogebang, Jakarta Timur. Belasan taksi online tersebut dirazia akhir oleh petugas gabungan Dishub DKI dan kepolisian. Senin (1/8/2016).

Menurut Pudji, harusnya dari kajian revisi pertama sudah tidak ada masalah. Selain karena sudah menampung aspirasi dari semua kalangan, kajian tersebut dibuat untuk saling menguntungkan.

"Harusnya jadi win-win solution. Nanti akan dibahas lagi bila ada masukan, kita akan rapikan lagi," kata Pudji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.