Nissan-Datsun Menanti Kepastian Regulasi Taksi "Online"

Kompas.com - 01/03/2017, 11:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sempat merasakan manisnya mendukung bisnis taksi online beberapa waktu lalu via Datsun Go+ Panca. Saat itu, model ini menjadi yang paling murah untuk ”narik” taksi online dengan tempat duduk tujuh orang. Tapi itu tak berjalan lama.

Tiba-tiba keluar aturan aneh yang melarang penggunaan taksi online menggunakan mobil murah (LCGC) dengan alasan yang mengada-ada. Datsun pun kena imbas, dan para pemilik taksi online mulai menaikkan kelas kendaraannya rata-rata dengan low MPV.

Awal Februari lalu, muncul berita bahwa bakal ada regulasi baru yang membolehkan LCGC jadi taksi online. Inilah secercah harapan baru buat NMI untuk kembali menyodorkan Datsun Go+ Panca sebagai mitra bisnis untuk cari penumpang.

”Saya berharap regulasinya sudah (benar-benar) keluar. Anda sudah memberikan informasinya, tapi kami belum melihat secara langsung. Ini akan bagus tak hanya untuk pemain LCGC, tetapi juga taksi online secara general,” kata Antonio Zara, Presiden Direktur NMI, (27/2/2017), di Jakarta.

Buat Nissan dan pria yang biasa disapa Toti itu, saat ini memang taksi online belum begitu menguntungkan. Ketika pemerintah memberikan lampu hijau untuk mobil murah dijadikan taksi online, dirinya menganggap ini akan merangsang pertumbuhan pasar dan mendukung mobilitas di Indonesia.

”Kami akan bekerja dengan pemilik dan operator taksi online secepat mungkin, ketika regulasinya benar-benar keluar. Kami percaya, Go dan Go+ Panca bisa memenuhi kebutuhan ini,” ujar Toti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.