Taksi "Online" Masuk Kategori Angkutan Baru

Kompas.com - 23/02/2017, 08:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara resmi menjalankan uji publik terkait revisi Peraturan Menteri No.32 Tahun 2016 mengenai taksi online. Dalam pelaksanaanya, salah satu yang di sepakati adalah klasifikasi taksi online yang dianggap bukan sebagai angkutan sewa umum.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto, menerangkan taksi online masuk dalam klasifikasi angkutan sewa khusus, bukan umum.

"Platnya sama hitam, tapi taksi online pelayanan dari pintu ke pintu dan harus pakai sopir. Menurut klasifikasinya angkutan sewa merupakan kendaran yang bisa digunakan ke semua tempat, kalau taksi online kan hanya daerah perkotaan saja, jadi buat nomenklatur angkutan sewa khusus," ujar Pudji saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (22/2/2017).

Menurut Pudji, terdapat perubahan definisi angkutan sewa. Hal ini pun akhirnya dibagi menjadi dua pengertian, yakni angkutan sewa umum dan khusus.

Kompas.com/Robertus Belarminus Belasan taksi online yang dirazia petugas dikadangkan di Terminal Mobil Barang Dishub DKI di Pulogebang, Jakarta Timur. Belasan taksi online tersebut dirazia akhir oleh petugas gabungan Dishub DKI dan kepolisian. Senin (1/8/2016).
Untuk angkutan sewa umum merupakan layanan dari pintu ke pintu dengan cara menyewa kendaraan, dengan atau tanpa pegemudi melalui cara borongan berdasarkan jangka waktu tertentu.

Sedangkan untuk angkutan sewa khusus merupakan pelayanan angkutan dari pintu ke pintu yang wilayah operasinya dalam kawasan perkotaan. Disediakan dengan cara menyewa kendaraan dengan pengemudi, dan pemesanan menggunakan aplikasi berbasis teknologi informasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.