Kompas.com - 14/02/2017, 14:51 WIB
Parts Depo Mitsubishi Fuso di Medan, salah satu yang sudah beroperasi. KTB akan menambah empat lagi. KompasOtomotif-Donny AprilianandaParts Depo Mitsubishi Fuso di Medan, salah satu yang sudah beroperasi. KTB akan menambah empat lagi.
EditorAzwar Ferdian

Makassar, KompasOtomotif - Seiring makin banyaknya jaringan diler yang dikembangkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Motors, maka layanan purna jual baik itu perawatan atau suku cadang, juga menjadi sorotan tersendiri.

Layanan purna jual menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pengembangan bisnis produsen kendaraan. Untuk itu, KTB juga terus berupaya optimal agar ketersediaan suku cadang bisa tetap terjaga, guna memuaskan konsumen.

"Semakin banyaknya diler yang dibuka, berarti memberikan tantangan tersendiri buat layanan purna jual. Seperti di Sulawesi Selatan ini, dimana diler baik kendaraan niaga atau penumpang Mitsubishi, sudah semakin banyak. Berarti ketersediaan suku cadang juga harus terjaga," jelas Dewa Made Sudharma, Departement Head Part Sales Departement, Spare Parts Group Strategy Planning Division PT KTB, di Makassar, Selasa (14/2/2017).

Dewa melanjutkan, tahun ini mempunyai nilai target penjualan suku cadang mencapai Rp 1,4 triliun, sampai hitungan akhir tahun fiskal Maret mendatang. Angka tersebut naik 12 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Sampai awal tahun ini baru mencapai Rp 1,2 triliun, berarti masih kurang sekitar Rp 200 milyar. Saya rasa akan tercapai," jelas Made lagi.

Komponen fast moving (cepat ganti) masih menjadi andalan penjualan dengan memegang 70 persen. Dari total tersebut, segmen kendaraan penumpang memegang 55 persen share penjualan komponen, sedangkan kendaraan niaga 45 persen.

"Kita terus berupaya memberikan edukasi kepada konsumen, baik niaga ataupun kendaraan penumpang, untuk tetap menggunakan suku cadang yang asli, karena banyak keunggulannya dibandingkan suku cadang imitasi, yang banyak beredar di pasaran," ujar Dewa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.