”Comeback” ke Reli Dunia, Toyota Gebuk Ford dan Hyundai

Kompas.com - 13/02/2017, 18:43 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Stockholm, KompasOtomotif –  Toyota akhirnya merebut kemenangan perdana setelah memutuskan cabut dari World Rally Championship (WRC) pada 1999 silam. Comeback manis itu dipersembahkan oleh pebalap Finlandia Jari-Matti Latvala dalam Reli Swedia WRC balapan kedua, Minggu (12/2/2017).

Bahkan kini Latvala memimpin klasemen di atas duet pebalap Ford, yakni Sebastien Ogier dan Ott Tanak yang membalap dengan Ford Fiesta. Kembalinya Toyota dengan Yaris memang ditunggu banyak kalangan, dan inilah pembuktian yang dinanti.

Buat Latvala, kemenangan ini membuktikan bahwa tanpa Volkswagen yang memutuskan cabut dari WRC mulai tahun ini, dia masih bertaji. Kemenangan ini pun jadi makin emosional, karena membawa merek yang ingin bangkit.

”Sangat menyenangkan. Tim baru, mobil baru, dan balapan kedua kami menang. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkannya, karena saat ini menjadi momen emosional. Kami ada di level yang baik, dan kami harus terus melaju karena akan semakin sulit,” kata Latvala.

Tahun ini, WRC juga masih diikuti oleh Hyundai Motorsport yang diperkuat juga oleh Thierry Neuville dan Dani Sordo dengan Hyundai i20.

Era baru WRC ini akan menantang pebalap dan mobil melaju di lokasi dengan temperatur tinggi dan jalanan lebih ekstrem untuk pertama kalinya. Bulan depan, balapan akan digelar dengan nama Rally Guanajuato, yang berlangsung di Meksiko, 9 - 12 Maret.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber autoweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.