Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Diesel Kecil Volkswagen Makin Terdesak

Kompas.com - 09/02/2017, 10:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motoring

Wolfsburg, KompasOtomotif – Saat ini, Volkswagen menawarkan banyak mesin diesel berkapasitas kecil, termasuk salah satunya disematkan untuk Polo. Namun ke depan, produsen asal Jerman itu bakal menggantikan tipe mesin tersebut untuk beralih ke versi hybrid.

Pertimbangan utama, bahwa mesin diesel kapasitas kecil bakal tak lagi ekonomis, akibat dari tingginya biaya pengembangan untuk memenuhi regulasi emisi Uni Eropa pada 2020. Tidak ada pilihan lain buat Volkswagen, yakni mendiskontinyu pengembangannya.

Berdasarkan laporan dari motoring.com.au, Volkswagen sudah mengonfirmasi bahwa VW Polo generasi baru nanti bakal menjadi yang terakhir menerima mesin diesel 1.600 cc turboc 4-siinder. Tipe jantung pacu ini sudah siap, dan akan disematkan untuk Polo yang dirilis di Eropa tahun ini.

Bos divisi pengembangan Volkswagen, Dr. Frank Welsch, mengatakan bahwa usia mesin diesel kecil 3 dan 4 silinder akan bertahan hingga 5 tahun lagi. Dia juga menegaskan bahwa mesin hybrid bensin yang akan menjadi penggantinya, termasuk tipe 1.500 cc turbo yang dipakai pada Golf terbaru.

Polo dan Up! bakal mendapat sistem elektrikal 12 dan 48 volt pada 2021. ”Hybrid ringan menjadi solusi benar untuk menggantikan diesel kecil. Mesin-mesin (diesel) itu akan habis, dan bakal semakin mahal pada 2020,” kata Welsch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motoring
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com