Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2017, 11:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Meski penjualan domestik kurang menyenangkan, di mana turun 1,64 persen tahun lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) menerima progres baik untuk bisnis ekspornya. Dibanding 2015, pengiriman luar negeri melonjak sampai 126,39 persen pada 2016.

Namun, sama seperti proyeksi penjualan dalam negeri, AHM masih pesimistis untuk ekspo tahun ini, walaupun tetap menggenggam kepercayaan kalau volumenya bakal naik. Tujuan ekspor Honda Indonesia juga masih didominasi wilayah Asia Tenggara.

“Tahun lalu penjualan (ekspor) sekitar 58.000-an unit, tahun ini kami ingin naik, dan kami juga akan mempelajari negara per negara yang menjadi tujuan. Pasalnya bukan hanya Indonesia yang sedang flat pasar domestiknya, mereka juga dalam kondisi sama, bahkan ada yang turun,” ujar Johannes Loman, Wakil Presiden Direktur AHM saat menjawab KompasOtomotif, Jumat (3/2/2017).

Loman menambahkan, AHM bakal terus memperhatikan negara tujuan ekspor, selain kondisi pasanya, juga terkait regulasi. Tidak semua mengizinkan impor sepeda motor berstatus completely built up (CBU), tapi juga ada yang hanya mengizinkan berupa komponen.

“Mereka memiliki regulasi, ada yang kami bisa kirim dengan CBU ada yang tidak bisa seperti itu. Tidak hanya CBU, sebenarnya kami juga cukup lumayan banyak mengekspor komponen, tapi tidak pernah terekspos,” ujar Loman.

Kontribusi ekspor sepeda motor produksi Indonesia masih dipegang oleh Yamaha, dengan kontribusi 58,88 persen, dengan total 167.266 unit. Sementara posisi kedua ada Honda dengan sumbangsih 20,88 persen, sebanyak  59.311 unit. Lalu membuntuti di peringkat ketiga yaitu Suzuki sebesar 10,03 persen (28.484 unit).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.