Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2017, 09:03 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Saat merek lain fokus membuat kunci sebagai alat pengaman ganda, BMW justru memanfaatkannya sebagai implementasi dari sebuah kecanggihan teknologi. Inilah salah satu inovasi yang disebut BMW Display Key dengan menambahkan layar sentuh pada kunci agar bisa dipakai untuk melakukan berbagai hal.

KompasOtomotif cukup penasaran dengan kunci canggih ini, dan berkali-kali mencoba fungsinya saat BMW Indonesia memberi kesempatan mengeksplor Seri 7 dalam Luxurious Journey, belum lama ini. Kesan awal, impresif.

Display Key menggunakan layar sentuh 2,2 inci. Lalu ada enam tombol di sekelilingnya. Di dalam layar tersedia empat fitur utama, juga informasi mengenai status baterai dan waktu. Jangan khawatir kehabisan baterai, karena bisa diisi ulang layaknya ponsel dengan kabel yang dihubungkan power outlet.

Menariknya, kunci ini bisa digunakan dengan radius hingga 300 meter. Jangan anggap sederhana, karena dalam satu kunci kecil itu, ada banyak perintah yang bisa dilakukannya. Sambil ngopi di kafe, atau meeting di kantor, Anda bisa mengecek kondisi mobil.

team-BHP BMW Display Key, salah satunya bisa melihat satus keamanan mobil.
1. Status Mobil. Kita bisa tahu kondisi beberapa item, termasuk ketika mobil sudah saatnya diservis rutin. Atau, kita juga bisa tahu kondisi lampu dalam kabin yang masih menyala.

2. Status Bahan Bakar. Dari kunci itu, juga bisa diketahui jumlah bahan bakar dalam tangki, sekaligus seberapa jauh jarak yang bisa ditempuh dengan bensin tersisa. Anda bisa memprediksi kapan harus menuju SPBU sebelum memulai perjalanan.

3. Info keamanan. Saat mobil sudah ditinggal, Anda masih bisa mengecek status keamanannya. Mulai dari keadaan pintu (terkunci atau tidak), kaca mobil dan atap (terbuka atau tertutup), dan sistem keamanan lainnya.

4. Pengatur suhu. Ini yang bikin geleng-geleng kepala. Kunci bisa mengatur suhu kabin ruangan dengan mematikan atau menghidupkan AC mobil. Jadi, misalnya mobil berada di area parkir yang sangat panas, lalu beberapa saat lagi Anda akan memulai perjalanan, cukup hidupkan AC mobil dari kunci, meski mesin akan tetap dalam kondisi mati. Anda akan memulai perjalanan dengan suhu kabin yang sudah dingin.

Sayang, pada kunci BMW Seri 7 di Indonesia, ada salah satu fungsi yang hilang, yakni fungsi untuk melakukan parkir otomatis (Remote Control Parking). Tapi jangan khawatir, karena BMW Indonesia berjanji menghadirkan fitur ini tak lama lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.