Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabin Hyundai Bisa Atasi Stres Pengemudi

Kompas.com - 06/01/2017, 08:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Las Vegas, KompasOtomotif – Memanfaatkan ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat, Hyundai mengenalkan visi baru untuk masa depan dengan sistem yang concern terhadap kesehatan penggunanya.

Bukan mobil, melainkan hanya kokpit atau kabin. Produsen mobil asal Korea Selatan itu menyebutnya Health + Mobility Cockpit. Konsep ini didesain untuk memonitor kesehatan penumpang dan mampu mengatasi stres dan efek negatif lain karena mengemudi.

Di dalam kabin itu, ada yang namanya ”Mood Burst”, dengan sensor-sensor tertentu untuk mendeteksi pengemudi yang kehilangan konsentrasi. Jika sistem mendapatinya, memicu aktifnya ”Alert Burst” yang akan memberi peringatan untuk pengemudi.

Level selanjutnya, jika level stres makin meningkat, kabin akan mengaktifkan apa yang disebut ”Calm Burst” untuk memberi relaksasi pada pengemudi. Misalnya, jika sudah hilang fokus, jok akan secara otomatis diubah posisinya lebih tinggi.

Tak hanya itu, pada level yang lain, pencahayaan kabin yang lebih nyaman akan ditawarkan untuk meredam emosi dan ketegangan saat menyetir.

Ada juga pengatur aroma yang bisa mengeluarkan bau-bauan yang mampu merelaksasi. Misalnya, wangi lavender atau eucalyptus untuk menenangkan pengemudi. Atau wangi cedar dan pepermint yang bisa menyemangati. Elemen lain yang bisa berubah adalah temperatur dan suara.

Meski Hyundai belum akan memproduksi paket kabin Health + Mobility Concept ini, tetapi perusahaan menyatakan bahwa salah satu sensor atau elemen pada konsep ini bisa dibawa pada mobil-mobil yang akan diproduksi dalam waktu mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com