Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan SUV Hyundai Kena "Recall"

Kompas.com - 26/12/2016, 13:45 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Lembaga keselamatan berkendara Amerika, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengumumkan status recall, untuk model Hyundai Tucson dan Santa Fe model year 2016 sampai 2017. Jumlah mobil yang di-recall mencapai 5.669 unit.

Dari informasi situs resmi NHTSA, Minggu (25/12/2016) penarikan kembali yang bakal dilakukan oleh Hyundai Motor America, di mana ada potensi ganguan listrik yang bisa membuat sistem lampu pengereman yang terus menyala. Itu akan membuat pengendara di belakang merasa kebingungan, dan dianggap bisa menjadi menyebabkan kecelakaan.

Masalah ini terutama pada model dengan kelengkapan aksesori trailer hitch. Terkait permasalahan tersebut, kendaraan tersebut dianggap gagal memenuhi persyaratan Federal Motor Vehicle Safety Standard (FMVSS) nomor 108.

Dua model mobil Hyundai yang berstatus recall tersebut diproduksi 19 Mei 2015 sampai 14 November 2016 untuk Tucson. Sementara untuk Santa Fe yang terinfeksi, dibuat pada 28 November 2015 sampai 14 November 2016.

Perbaikan massal ini rencananya baru akan dimulai pada 13 Januari 2017, dan konsumen bisa langsung menghubungi diler untuk penjelasan lebih detail. Masih belum ada informasi lanjutan apakah ini memengaruhi model di luar Amerika.

Di Indonesia, Santa Fe dan Tucson juga turut dipasarkan, di mana keduanya cukup menjadi model andalan. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang Januari-Oktober 2016, wholesales-nya mencapai 444 unit, 277 unit untuk Santa Fe dan 167 unit Tucson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com