Tarif Baru Bikin Pelat Nomor "Pesanan" di Indonesia

Kompas.com - 30/12/2016, 11:03 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Nomor pelat kendaraan Anda bisa menjadi diubah sesuai pesanan mencirikan identitas dan selera. Sudah banyak yang melakukannya, mulai dari pemakaian satu angka, dua atau tiga. Huruf di belakang dan depan pun bisa diatur, dan tentu ada biaya khusus untuk menerbitkannya.

Korlantas Polri mulai menyosialisasikan ”tarif” baru penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK), hingga penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

Biaya yang disebut penerimaan negara bukan pajak itu diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 60 tahun 2016 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri. Peraturan ini menggantikan PP No 50 tahun 2010, berlaku mulai 6 Januari 2017.

Tarif Pengurusan Surat Kendaraan Naik sampai Tiga Kali Lipat

Dalam aturan baru itu juga disertakan biaya penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan. Biaya paling paling murah Rp 5 juta untuk. Jika lebih istimewa, tarif bisa mencapai Rp 20 juta hanya untuk membuat nomor khusus.

Biasanya, angka atau huruf pada pelat nomor pilihan itu dipesan sesuai identitas pemilik kendaraan, baik motor maupun mobil. Entah itu angka keberuntungan, tanggal atau bulan lahir, atau simbol apa pun yang mewakili individu.

Berikut daftar biaya pembuatan NRKB pilihan :
1. NRKB pilihan 4 angka dengan huruf di belakang             Rp 5 juta
2. NRKB pilihan 4 angka tanpa huruf belakang (blank)        Rp 10 juta
3. NRKB pilihan 3 angka dengan huruf di belakang             Rp 7 juta
4. NRKB pilihan 3 angka tanpa huruf belakang (blank)        Rp 10 juta
5. NRKB pilihan 2 angka dengan huruf di belakang             Rp 10 juta
6. NKRB pilihan 2 angka tanpa huruf belakang (blank)        Rp 15 juta
7. NRKB pilihan 1 angka dengan huruf di belakang             Rp 15 juta
8. NRKB pilihan 2 angka tanpa huruf belakang (blank)        Rp 20 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.