Gaikindo Makin Intens Dorong Penjualan ke Daerah

Kompas.com - 14/12/2016, 08:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Tingkat penyerapan mobil di kawasan Jakarta terekam perlahan menurun menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Hal ini membuka kesempatan memperluas gelaran di dareah lain.

“Indikasinya menurun di Jakarta, semula 19 persen, sekarang 18 persen. Pergeserannya ke Jawa Barat. Apa sebabnya belum tahu, mungkin karena penerapan pajak progresif,” ucap Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara, Senin (6/12/2016).

Dijelaskan Kukuh sudah saatnya lebih menggairahkan pasar di daerah agar penyebaran mobil semakin merata. Lokasi yang dituju ke luar Pulau Jawa, caranya membawa pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sebagai suplemen.

Tahun ini, GIIAS diselenggarakan di tiga lokasi, Makassar  pada Mei, Tangerang Selatan (Agustus), dan Surabaya (September). Tahun depan, kata Kukuh, GIIAS diselenggarakan di lebih banyak kota.

Tahun depan, jelas Kukuh, ditambah dua kota baru, yaitu Samarinda pada Oktober dan Medan (November). “Kami coba seperti itu untuk memicu, mendorong penyebaran ke daerah,” kata Kukuh. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.