Honda Bandung Center Gagal Capai Target

Kompas.com - 08/12/2016, 09:32 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Bandung, KompasOtomotif - Target penjualan Honda Bandung Center (HBC), main dealer mobil Honda di Jawa Barat dan Banten sulit tercapai tahun ini. Namun secara market share, target HBC hanya tinggal 0,1 persen.

“Ada beberapa target. Unit, market share, dan lain-lain,” ujar Direktur HBC Iwan Tjandradinata kepada KompasOtomotif di Bandung, Selasa (6/12/2016).

Untuk target penjualan, sambung Iwan, akan sulit dicapai. Dari target 25.000 unit pada 2016 ini, pihaknya paling maksimal bisa mengantongi 23.000.Tetapi, penjualan tahun ini dipastikan melebihi target tahun lalu, yakni 21.000.

Menurut catatan HBC, sepanjang Januari-Oktober 2016, pangsa pasar sudah mencapai 18,9 persen. “Target market share kami 19 persen. Kami optimitis hingga akhir tahun bisa mengantongi sisa market share 0,1 persen,” kata Iwan.

Dijelaskan Iwan, kalau daerah penyumbang penjualan tertinggi tetap di Bandung. Namun secara mengejutkan terdapat dua daerah yang pertumbuhannya di luar dugaan, yakni Serang dan Karawang. “Serang dan Karawang ini pertumbuhan penjualannya luar biasa. Jadi primadona buat kami, kontribusinya besar,” ucap Iwan seraya mengatakan kontribusi HBC terhadap nasional berkisar di 12-12,5 persen.

Sementara itu, Manajer Operasional HBC Junianto Naibaho menyebutkan segmen low sport utility vehicle (LSUV), Honda menguasaki pangsa pasar 55,6 persen lewat BR-V. Adapun capaian tertinggi adalah hatchback dengan cakupan 49 persen. Selanjutnya, secara berturut-turut segmen city car mobil Honda meraih pangsa pasar 42,5 persen, sport utility vehicle (SUV) 24,4 persen, low multi purposes vehicle (LMPV) 22,5 persen, dan low cost green car (LCGC) 17,2 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.