Mengejutkan, Nico Rosberg Pensiun dari Formula 1

Kompas.com - 03/12/2016, 07:22 WIB
Pebalap Mercedes AMG Petronas F1 Team asal Jerman, Nico Rosberg, merayakan keberhasilannya menjadi juara dunia Formula 1 2016 setelah finis di urutan kedua pada balapan GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (27/11/2016). ANDREJ ISAKOVIC/AFP PHOTOPebalap Mercedes AMG Petronas F1 Team asal Jerman, Nico Rosberg, merayakan keberhasilannya menjadi juara dunia Formula 1 2016 setelah finis di urutan kedua pada balapan GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina, Minggu (27/11/2016).
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Vienna, KompasOtomotif -  Juara dunia Formula 1 (F1) 2016, Nico Rosberg, mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pebalap. Konfirmasi soal keputusan ini diumumkan langsung oleh Rosberg saat menerima trofi juara dunia dari Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) di Vienna, Austria, Jumat (2/12/-2016).

"Bagi saya ini adalah hari yang sangat istimewa untuk menerima trofi malam ini. Penerimaan ini jadi luar biasa untuk beberapa alasan lain. Dalam kesempatan ini saya ingin mengumumkan keputusan untuk mengakhiri karir saya di F1," kata Rosberg yang dilansir dari Motorsport, Jumat (2/12/2016).

Menurutnya, ia memiliki mimpi menjadi juara F1 sejak usia enam tahun. Pencapaian tersebut saat ini sudah dibuktikan dan ia akan mengingat untuk selamanya.

"Saya sudah mencapai impian masa sekarang, jadi saya tidak bersedia bersedia melakukan banyak komitmen. Saya telah memutuskan untuk mengikuti kata hati saya," ucap Rosberg.


Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi menjadi saksi kemenangan Roseberg setelah berhasil finis di belakang rekan satu timnya. Selama musim 2016, pebalap berusia 31 tahun ini berhasil menggantongi sebanyak 385 poin.

Rosberg merupakan pebalap Jerman ketiga yang meraih gelar juara dunia F1 setelah Michael Schumacher dan Sebastian Vettel.

Istimewa Nico Rosberg dan Lewis Hamilton di podium Surkuit Yas Marina, Abu Dhabi, 2016.

"Satu-satunya hal yang membuat keputusan ini cukup berat adalah karena saya menempatkan tim dalam posisi yang sulit. Prestasi paling membanggakan saya bisa memenangkan juara bersama tim yang luar biasa," kata Rosberg.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.