Kompas.com - 02/12/2016, 08:02 WIB
Konsep Suzuki Ignis buat aktivitas luar ruang. Febri ArdaniKonsep Suzuki Ignis buat aktivitas luar ruang.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Pasar segmen compact crossover segmen A atau sport utility vehicle (SUV) entry, sudah mulai dibuka Renault, melalui produknya Kwid. Di mana ini nampaknya bakal disusul oleh Suzuki, dengan Ignis-nya tahun depan, serta tidak ketinggalan Datsun Go-Cross.

Terkait dengan mulai bermunculannya model model mini crossover ber-gorund clearance tinggi, sang pemimpin pasar, Toyota, masih belum bisa berkata banyak. Mereka masih menunggu dan melihat pasarnya terlebih dahulu, sebelum memasukkan produk ke sana.

Compact crossover segmen A bisa jadi. Itu yang kemarin kelas MPV entry, Datsun Go yang masuk terlebih dahulu, habis itu baru Calya. Kami enak kok, wait and see saja, kami lihat dulu pasarnya, kalau jadi baru masuk. Banyak strategi, mau kami duluan atau melihat market dahulu,” ujar  Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing Toyota Astra Motor (TAM) kepada KompasOtomotif, Rabu (30/11/2016).

Baca juga : Renault Kwid Telikung Go Cross dan Ignis

Stategi ini, kata Soerjopranoto, juga diprediksi akan dilakukan oleh Honda, padahal mereka pemimpin pasar di segmen SUV. “So far, mengapa Honda tidak mau masuk ke SUV entry, kalau saya bilang Honda wait and see juga. Kita lihat saja Ignis itu,” ujar Soerjo.

Pasar SUV Flat

Soerjopranoto mengatakan, kalau segmen MPV tidak bisa digantikan, walaupun saat ini SUV sedang mengalami pertumbuhan. Tahun depan Toyota masih mengandalkan model MPV-nya di Indonesia.

“Teman-teman menulisnya seperti itu, pasar SUV berkembang, segala macam, tapi saja berani menjamin, SUV yang saat ini berkembang sudah mencapai mature-nya, sudah flat. Jadi sudah susah untuk didorong lagi,” ujar Soerjo.

“Jadi kembali lagi kami wait and see saja terlebih dahulu,” ujar Soerjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.