Renault Kwid Telikung Go Cross dan Ignis

Kompas.com - 21/10/2016, 13:22 WIB
Renault KWid hadir di INdonesia Otomania/Setyo AdiRenault KWid hadir di INdonesia
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Saat Datsun gembar-gembor siap menelurkan Go Cross, lalu Suzuki masih sibuk menimang Ignis, Renault tanpa aba-aba langsung menelikung dengan Kwid. Ya, Datsun dan Suzuki ”kebanyakan mikir”, dan momen ini dimanfaatkan Renault untuk curi start.

Compact crossover segmen-A memang belum booming di Indonesia. Tapi bukan berarti tidak ada peluang. Banyak konsumen yang kini mulai melirik mobil ber-ground clearance tinggi, entah SUV, crossover, SAV-Sport Activity Vehicle, atau apalah itu sebutannya terserah masing-masing merek.

Nah, segmen yang dihuni Kwid, di mana platform-nya adalah city car juga bisa masuk di kategori mobil dengan ground clearance tinggi itu. Segmen ini sudah pasti akan mewujudkan mimpi orang-orang yang ingin punya SUV, tapi tak punya duit di atas Rp 200 juta seperti yang saat ini ada di pasaran.

PT Auto Euro Indonesia (AEI), bendera Renault untuk mengarungi pasar otomotif di Indonesia, sadar bahwa ada peluang di balik desain menarik Kwid dan harga terjangkau. Bayangkan, tanpa skema LCGC pun, AEI sudah untung menjual mobil Perancis buatan India itu dengan harga Rp 117 jutaan.

Seperti dikutip dari Otomania, (19/10/2016), Bambang Subijanto, Direktur PT Indomobil Sukses International, induk perusahaan AEI, menyatakan bahwa Renault menunjukkan komitmen terhadap pasar indonesia dengan menghadirkan model baru yang sesuai keinginan pasar.

Artinya, AEI sadar bahwa kebutuhan konsumen saat ini sudah tak melulu MPV, tapi faktor lain seperti harga murah dengan desain dan teknologi yang tak murahan justru sedang ”hot”. Kwid menjawab kebutuhan itu, meski tentu saja masih banyak keinginan yang tak bisa diwujudkan pada fitur.

Ketika Datsun Go Cross nanti jadi meluncur, atau Suzuki sudah punya keberanian mendorong Ignis, bahkan bisa jadi merek lain menyusul dengan jagoannya masing-masing, Renault sudah punya bekal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun depan, Renault bakal memboyong Kwid bertransmisi otomatis. Hal ini sudah ditegaskan Quincy Govin, Head of Product Strategy ASEAN, Renault saat peluncuran Kwid, Rabu (19/10/2016), bahwa pilihan transmisi dua pedal sudah ada dalam strategi ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.