Honda Masih Bungkam Soal Ekspor CBR250RR

Kompas.com - 04/11/2016, 14:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Karawang, KompasOtomotif - Memproduksi produk global Honda CBR250RR, selain menyasar pasar dalam negeri, Astra Honda Motor tentu juga berharap bisa menjualnya ke seluruh dunia. Namun, sampai saat ini, AHM belum menginformasikan negara mana yang akan dituju.

Johannes Loman, Executive Vice President AHM mengatakan, sudah banyak pihak (negara-nagara) yang menginginkan CBR250RR. Namun dirinya belum berani untuk mengungkapkannya, karena terkait dengan kebijakan negara yang bersangkutan.

"Saya sulit unutk membicarakannya, karena nanti kalau saya membicarakan ini, mereka (negara yang berminat) tidak akan senang. Pastinya produk ini untuk global, bisa ke mana-mana," ujar Loman kepada KompasOtomotif, Rabu (2/11/2016).

Loman melanjutkan, terkait ekspor, masing-masing negara memiliki aturan sendiri, dan Honda Indonesia perlu menyesuaikan. Terutama terkait dengan bentuk ekspor yang akan dikirm, secara utuh (completely built up/CBU), semi terurai (SKD) atau terurai (completely knocked down/CKD).

"Setiap negara memiliki kebijakan sendiri, jadi kami harus menyesuaikan. Ada beberapa negara yang tidak mengizinkan CBU ataupun beberap hal lain, termasuk dari segi pajak dan sebagainya," ujar Loman.

Koji Sugita, Direktur Marketing AHM juga tidak menjawab pertanyaan mengenai ekspor. " Terkait untuk ekspor, kami belum bisa menjawab kapan dan negara mana yang akan kami kirim. Pastinya, prioritas kami yaitu memenuhi kebutuhan demand atau pasar," ujar Sugita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.