Ke Jepang, Kemenperin Coba Tarik Investasi Otomotif

Kompas.com - 14/10/2016, 07:41 WIB
Toyota Calya dirakit di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat. Febri ArdaniToyota Calya dirakit di pabrik Daihatsu di Karawang, Jawa Barat.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Upaya jemput bola dilakuan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dengan melakukan kunjungan kerja ke Jepang. Ini terkait dengan rencana investasi beberapa perusahaan Jepang di Indonesia, salah satunya di sektor otomotif.

Dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Kamis (13/10/2016), Airlangga mengatakan, kunjungan ini dalam rangka memperoleh informasi dan gambaran langsung secara menyeluruh, terkait perkembangan teknologi dan investasi di sektor industri yang dilakukan Jepang, seperti otomotif.

“Rencananya kami juga akan mengunjungi fasilitas R&D Daihatsu, karena mereka berkomitmen akan meningkatkan pengembangan industri kendaraan di Indonesia. Lebih dari itu, mereka juga bakal menjadikan Tanah Air sebagai basis produksi untuk pasar ekspor,” ujar Airlangga.

Rombongan Kemenperin, juga dijadwalkan bertemu dengan Kansai Economic Federation (Kankeiren) dan Osaka Steel. “Kami akan membuka peluang kerja sama di bidang teknologi dan investasi, khususnya industri komponen otomotif, baja, dan elektronika,” kata Airlangga.

Dalam agenda kunjungan, Menperin akan melakukan pertemuan langsung satu persatu (one-on-one meeting) dengan Mitsubishi Motor Corporation, Mitsubishi Material Corporation, Nippon Steel Sumitomo Metal Corporation, Asahi Glass Corporation, Sango Corporation, dan Shoji Corporation. “Pertemuan tersebut terkait dengan rencana investasi mereka di Indonesia,” ujar Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.