Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Seri 5 Terbaru Tantang Mercy E-Class

Kompas.com - 14/10/2016, 07:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Woodcliff, KompasOtomotif – Generasi baru BMW Seri 5 resmi diperkenalkan, Rabu (12/10/2016). Gambaran sederhananya, Seri 5 terbaru adalah versi ringkas dari seluruh kecanggihan yang ada pada Seri 7.

Segmen sedan premium kelas menengah bakal “bergetar” karena Seri 5 terbaru diklaim telah berubah sebagai model tercanggih di pasaran. Pernyataan itu tentu menyentil Mercedes-Benz yang pernah mengklaim hal serupa buat E-Class terbaru yang sudah dijual tahun ini.

“Dengan generasi terbaru kami sekali lagi mencancapkan patokan di semua area, itu mengombinasikan keunggulan dinamis dan kenyamanan menjadi efek terbaik yang memungkinkan. Plus, BMW sedan Seri 5 terbaru berada pada puncak kepemimpinan teknologi menyangkut bantuan pengemudi dan konektivitas,” ucap Member of the Board of Management BMW AG, Development, Klaus Frohlich, dalam siaran resminya, dilansir Newspress.

BMW Motorrad Indonesia All-New BMW Seri 5.
Kendati mengalami berbagai perubahan, wajah Seri 5 tetap segar di mata seperti sedia kala. Ganti desain termasuk visual aliran lampu depan yang mengarah langsung ke gril membuat bagian hidung terasa melebar. Pada gril kini terdapat fitur baru, katup yang bisa membuka tutup sesuai kebutuhan aerodinamis.

Tubuhnya sedikit membesar, panjangnya sekarang 4,94 m atau lebih panjang 30 mm dari model yang beredar sekarang. Lebarnya juga begitu, 1,86 m atau melebar 7,6 mm dan tinggi 1,47 m atau meninggi 15,24 mm. Selain itu wheelbase juga memanjang 0,2 inci

BMW Interior All-New BMW Seri 5.
Desain baru bukan cuma soal tampang. Di bawah bodi semua berubah, dimulai dari platform menggunakan Cluster Architecture (CLAR). Model ini dibuat dirancang menggunakan lebih banyak material baja, alumunium, dan magnesium.

Model untuk Amerika Serikat (AS) lebih ringan 62,14 kg dibanding generasi sebelumnya, sedangkan buat Eropa makin enteng 100 kg.

Sasis baru sudah pasti memengaruhi kendali, insinyur BMW juga memperbaiki geometri pemasangan suspensi untuk mendapatkan seting kenyamanan terbaik.

Mengadopsi kecanggihan Seri 7 berarti Seri 5 terbaru memiliki fitur semi-otonomos, kelengkapan perangkat keamanan, kontrol gesture buat telepon dan sistem hiburan, dan kemampuan parkir saat ada atau tidak pengemudi di balik setir.

All-New Seri 5 dijadwalkan meluncur pada Februari 2017 di AS. Tersedia dua pilihan mesin bensin turbo, 4-silinder segaris 2.0L bertenaga 248 tk dan 6-silinder 3.0L bertenaga 335 tk. Penggerak roda belakang jadi opsi standar, smentara itu tersedia juga versi xDrive.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com