Kompas.com - 14/10/2016, 07:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Woodcliff, KompasOtomotif – Generasi baru BMW Seri 5 resmi diperkenalkan, Rabu (12/10/2016). Gambaran sederhananya, Seri 5 terbaru adalah versi ringkas dari seluruh kecanggihan yang ada pada Seri 7.

Segmen sedan premium kelas menengah bakal “bergetar” karena Seri 5 terbaru diklaim telah berubah sebagai model tercanggih di pasaran. Pernyataan itu tentu menyentil Mercedes-Benz yang pernah mengklaim hal serupa buat E-Class terbaru yang sudah dijual tahun ini.

“Dengan generasi terbaru kami sekali lagi mencancapkan patokan di semua area, itu mengombinasikan keunggulan dinamis dan kenyamanan menjadi efek terbaik yang memungkinkan. Plus, BMW sedan Seri 5 terbaru berada pada puncak kepemimpinan teknologi menyangkut bantuan pengemudi dan konektivitas,” ucap Member of the Board of Management BMW AG, Development, Klaus Frohlich, dalam siaran resminya, dilansir Newspress.

BMW Motorrad Indonesia All-New BMW Seri 5.
Kendati mengalami berbagai perubahan, wajah Seri 5 tetap segar di mata seperti sedia kala. Ganti desain termasuk visual aliran lampu depan yang mengarah langsung ke gril membuat bagian hidung terasa melebar. Pada gril kini terdapat fitur baru, katup yang bisa membuka tutup sesuai kebutuhan aerodinamis.

Tubuhnya sedikit membesar, panjangnya sekarang 4,94 m atau lebih panjang 30 mm dari model yang beredar sekarang. Lebarnya juga begitu, 1,86 m atau melebar 7,6 mm dan tinggi 1,47 m atau meninggi 15,24 mm. Selain itu wheelbase juga memanjang 0,2 inci

BMW Interior All-New BMW Seri 5.
Desain baru bukan cuma soal tampang. Di bawah bodi semua berubah, dimulai dari platform menggunakan Cluster Architecture (CLAR). Model ini dibuat dirancang menggunakan lebih banyak material baja, alumunium, dan magnesium.

Model untuk Amerika Serikat (AS) lebih ringan 62,14 kg dibanding generasi sebelumnya, sedangkan buat Eropa makin enteng 100 kg.

Sasis baru sudah pasti memengaruhi kendali, insinyur BMW juga memperbaiki geometri pemasangan suspensi untuk mendapatkan seting kenyamanan terbaik.

Mengadopsi kecanggihan Seri 7 berarti Seri 5 terbaru memiliki fitur semi-otonomos, kelengkapan perangkat keamanan, kontrol gesture buat telepon dan sistem hiburan, dan kemampuan parkir saat ada atau tidak pengemudi di balik setir.

All-New Seri 5 dijadwalkan meluncur pada Februari 2017 di AS. Tersedia dua pilihan mesin bensin turbo, 4-silinder segaris 2.0L bertenaga 248 tk dan 6-silinder 3.0L bertenaga 335 tk. Penggerak roda belakang jadi opsi standar, smentara itu tersedia juga versi xDrive.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.