Kompas.com - 06/09/2016, 08:03 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Nissan Motor berencana untuk meluncurkan mesin hibrida jenis baru musim gugur tahun ini. Jika mesin ini berhasil diaplikasikan pada kendaraan, ini akan menjadi mesin hibrida pertama di Jepang dengan mekanisme terbaru, dibanding yang konvensional.

Mengutip Nikkei, Senin (5/9/2016) mesin minicar berbahan bakar bensin (gas-powered) milik Nissan, akan disandingkan dengan mesin hibirida. Namun, mesin bensin sama sekali tidak bekerja untuk menggerakkan kendaraan, tetapi hanya akan digunakan untuk mengisi ulang baterai mobil.

Jadi roda hanya hanya akan mendapatkan daya dari baterai mobil. Mesin baru ini diperkirakan akan mulai hadir di diler-diler Nissan pada November 2016.

Sitem penggerak berteknologi mutahir  ini, meningkatkan efisiensi bahan bakar sebesar 40 persen. Ini akan menjadi catatan baru, bahan bakar mobil kompak paling efisien dari Jepang. Angkanya akan mendekati 40 km per liter, meninggalkan Toyota Motor Aqua bermesin hibrida dengan konsumsi 37 km untuk satu liter bensin.

Harga mobil tersebut diperkirakan akan menyentuh 2 juta yen atau Rp 254 jutaan, atau setara dengan mobil dengan penggerak bensin lainnya. Mesin hibrida konvensional masih menggunakan mesin bensinnya untuk ikut menggerakkan roda, namun untuk yang satu ini tidak.

Tapi bagaimanapun, hibrida konvensional dan yang terbaru milik Nissan tersebut, masih harus mampir ke stasiun pengisian bakar untuk mengisi bensin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.