Kompas.com - 27/08/2016, 10:02 WIB
Skuter listrik hasil kolaborasi Garansindo dan ITS. Garansindo/ITSSkuter listrik hasil kolaborasi Garansindo dan ITS.
EditorAgung Kurniawan


Jakarta, KompasOtomotif 
- Skuter listrik hasil kolaborasi Grup Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Gesits mulai memasuki tahap lebih serius. Setelah pengenalan prototipe perdana, Mei lalu, kini tahap pengujian sudah di depan mata.

“Rencananya September kami akan mulai pengujian statis (jalan di tempat) berdasarkan UNR136 dan ISO standard. Oktober mulai pengujian di jalan raya, rencananya rute Jakarta-Bali, masih tentatif,” kata Muhammad Nur, Kepala Proyek Gesits kepada KompasOtomotif, Rabu (24/8/2016) malam.

 ITS, kata Nur, saat ini tengah menyelesaikan perakitan 10 unit prototipe Gesits memanfaatkan aliran dana tambahan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Semua model ini akan disiapkan untuk proses pengujian. Pada November, ITS juga bersiap menggelar media dan bussiness gathering di Surabaya untuk mempersiapkan produksi massal Gesits.

“Akan kita undang UKM-UKM (usaha kecil dan menengah) seluruh Indonesia untuk support Gesits,” kata Nur.

Setiap UKM yang potensial rencananya akan dipilih sebagai pemasok komponen. Lewat pemberdayaan ini, diharapkan Gesits akan mampu memenuhi status sebagai skuter listrik nasional, dengan kandungan asli lokal, sampai 100 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.