Kompas.com - 04/08/2016, 18:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

London, KompasOtomotif – Polisi anti-terorisme di London, Inggris, siap mengoptimalisasi penggunaan sepeda motor untuk memberikan respons cepat atas serangan teroris. Sepeda motor diyakini menjadi kendaraan paling cepat, terutama saat melakukan penyergapan di kemacetan kota.

Polisi yang memanggul senjata siap tembak akan dibonceng menggunakan BMW F800GS, khusus dibeli Polisi Inggris untuk reaksi cepat. Sepeda motor jenis ini dianggap mampu memberikan akses cepat, terutama saat dibutuhkan untuk melaju di medan off-road atau naik trotoar sekalipun.

Salah seorang elit polisi anti-teror Inggris mengatakan kepad Sky News, dikutip Visordown (4/8/2016), bahwa kemacetan bisa menjadi incaran para teroris melancarkan serangan.

”Jika Anda melihat situasi Eropa, di Paris dan Belgia, macet menjadi kendala utama saat dibutuhkan reaksi cepat,” ujar elit polisi itu.

Dia juga menambahkan bahwa taktik berboncengan dengan sepeda motor akan memberikan dampak respons cepat dan efektif. Para pasukan pun dilatih khusus untuk menaikkan skill berkendara, terutama saat naik trotoar dan jalanan non-aspal demi mempersingkat waktu dari titik A ke B.

Taktik ini mulai disiagakan sejak hari ini, melibatkan sejumlah polisi bersenjata yang terampil menggunakan moge. Hal ini dilakukan terkait serangan teroris yang terjadi di Perancis dan Jerman, belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.