Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi London Pakai BMW F800GS Lawan Teroris

Kompas.com - 04/08/2016, 18:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

London, KompasOtomotif – Polisi anti-terorisme di London, Inggris, siap mengoptimalisasi penggunaan sepeda motor untuk memberikan respons cepat atas serangan teroris. Sepeda motor diyakini menjadi kendaraan paling cepat, terutama saat melakukan penyergapan di kemacetan kota.

Polisi yang memanggul senjata siap tembak akan dibonceng menggunakan BMW F800GS, khusus dibeli Polisi Inggris untuk reaksi cepat. Sepeda motor jenis ini dianggap mampu memberikan akses cepat, terutama saat dibutuhkan untuk melaju di medan off-road atau naik trotoar sekalipun.

Salah seorang elit polisi anti-teror Inggris mengatakan kepad Sky News, dikutip Visordown (4/8/2016), bahwa kemacetan bisa menjadi incaran para teroris melancarkan serangan.

”Jika Anda melihat situasi Eropa, di Paris dan Belgia, macet menjadi kendala utama saat dibutuhkan reaksi cepat,” ujar elit polisi itu.

Dia juga menambahkan bahwa taktik berboncengan dengan sepeda motor akan memberikan dampak respons cepat dan efektif. Para pasukan pun dilatih khusus untuk menaikkan skill berkendara, terutama saat naik trotoar dan jalanan non-aspal demi mempersingkat waktu dari titik A ke B.

Taktik ini mulai disiagakan sejak hari ini, melibatkan sejumlah polisi bersenjata yang terampil menggunakan moge. Hal ini dilakukan terkait serangan teroris yang terjadi di Perancis dan Jerman, belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com