Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Teaser” Kembaran Motor Murah BMW

Kompas.com - 15/07/2016, 19:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber rushlane

New Delhi, KompasOtomotif – Setelah sekian lama cuma berwujud konsep dan gosip, TVS akhirnya memberi teaser kembaran BMW G310R. Sepeda motor yang akan dinamai Akula 310 itu siap meluncur pada Auto Expo di India, tahun ini.

Akula 310 adalah versi full fairing dari BMW G310R yang sudah mulai dijual sebelumnya. Keduanya adalah hasil kolaborasi antara TVS Motor Company dan BMW Motorrad, menghasilkan duet sepeda motor berkapasitas mesin kecil yang menawarkan perfoma kencang.

Sebelumnya, Akula 310 sempat juga digosipkan bakal lahir dengan nama Apache 300, namun teaser di akun Twitter @TVSApache_RTR memastikan soal penamaan. Disebut bahwa Akula 310 adalah predator jalanan dengan segenap kelebihan.

Misalnya, mesin berkonfigurasi balap 310 cc DOHC berpendingin cairan yang digending rangka aluminium trellis yang juga dikatakan pakai spesifikasi balap. Sistem pendingin dibantu dengan kisi-kisi udara khusus pada fairing.

TVS Akula 310 juga dilengkapi garpi depan upside down, monosok di belakang, ABS dua channel, dan instrumen full digital. Mesin yang diproduksi BMW Motorrad itu diklaim mencapai tenaga maksimal 34 tk @9.500 rpm dan torsi puncak 28 Nm @7.500 rpm, berpadu dengan transmisi 6-percepatan.

Mesin itu sama dengan BMW 310R. Harga diperkirakan ada di kisaran Rp 42-50 jutaan di India. TVS akan memproduksi Akula 310 dari pabrik Hosur, Tamil Nadu, India.

Model ini diproduksi seefisien mungkin untuk menemukan angka terbaik dari segi harga, agar bisa bersaing dengan KTM RC390, Ninja 300, sampai Yamaha R3.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rushlane


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com