Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citarasa Lokal Sigra dan Calya

Kompas.com - 02/08/2016, 17:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Daihatsu dan Toyota menggelontorkan total investasi sebesar Rp 2,4 triliun buat melahirkan Sigra dan Calya. Sebesar Rp 1,1 triliun dari itu digunakan buat mengembangkan pabrik perakitan Daihatsu di Karawang, Jawa Barat, termasuk membuat kedua model memiliki kandungan lokal hingga 94 persen.

Klaim kandungan lokal itu bisa jadi paling tinggi pada model rakitan Indonesia. Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman MR menjelaskan, pihaknya menambah 30 pemasok utama baru hanya untuk Sigra dan Calya. Seluruhnya dikatakan berasal dari dalam negeri, kendati disampaikan ada juga perusahaan join venture dengan asing.

Baca juga: “Duet Maut” Toyota-Daihatsu Jilid Empat Resmi Meluncur

Febri Ardani/KompasOtomotif Astra Daihatsu Sigra
“Barangnya kami beli di Indonesia,” ujar Sudirman yang juga mengatakan total 178 pemasok utama terlibat dalam produksi Sigra dan Calya, Selasa (2/8/2016).

Sudirman mengungkap kapasitas produksi Sigra dan Calya mencapai 6.000 – 7.000 unit per bulan. Komposisi produksi Sigra mewakili 45 persen produksi sedangkan sisanya Calya. Angka itu akan berubah-ubah seiring perkembangan pasar.

“Butuh melihat penetrasi pasar dulu, lihat dulu 2 – 3 bulan baru direvisi,” kata Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com