Kompas.com - 22/07/2016, 15:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Sentul, KompasOtomotif – Sebelum menggeber Honda RC213V-S, versi jalan raya dari RC213V, motor balap tim Repsol Honda, ada baiknya belajar sedikit untuk mengobati keingintahuan yang membuncah. Tak cuma membawa nama besar, motor ini juga punya aura yang cukup bikin jantung berdebar.

Honda RC213V-S diproduksi secara khusus di pabrik Kumamoto, Jepang, dirakit secara manual oleh tenaga terampil pilihan Honda, sehingga menjadikan produk ini ekslusif. Beberapa perubahan dilakukan untuk menjadikan Honda RC213V-S dapat dikendarai di jalan raya.

Beberapa perubahan itu adalah penambahan lampu depan dan belakang, lampu bagi plat nomor kendaraan, lampu sein depan dan belakang, spion, speedometer, knalpot dengan katalis, tempat penyangga plat nomor kendaraan, klakson, honda smart key, self starter, dan side stand.

Sangat bikin penasaran, karena inilah sepeda motor yang saat ini mendekati performa motor tim Repsol Honda. Sebagai prototipe RC213V, motor ini memiliki konfigurasi mesin serupa, mengusung mesin V4, 4-stroke, DOHC, 4-valve, 6-speed, berpendingin cairan (liquid-cooled) dengan kapasitas 999 cc.

Tenaga yang dihasilkan untuk bersi standar mencapai 170 tk, sementara versi yang akan KompasOtomotif coba sudah dipasang sport kit dan membuat tenaganya naik sampai 220 tk. Atau beda 80 tk saja dari RC213V yang dipakai Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Lalu bagaimana dengan harga? AHM mengatakan berbeda-beda di setiap negara, disesuaikan dengan aturan batas emisi kendaraan. Tapi sebagai gambaran, untuk Amerika Serikat, produk ini dibandrol 184.000 dollar AS, sementara di Jepang 21,9 juta Yen, Australia 244.000 dollar Australia, dan Eropa 188.000 Euro.

Indonesia? Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya hanya menggambarkan kalau sulit untuk dikur saat ini, dan belum akan dijual. Tapi dia memberi gambaran kasar, motor ini bisa mencapai Rp 7-9 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.