Kompas.com - 03/07/2016, 15:20 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Beberapa tampang motor modifikasi dipajang di booth Suzuki dalam ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2016, di JI Expo, Jakarta. Salah satu yang cukup menarik adalah Suzuki Satria F150 dengan tampang penjelajah alias trail.

Tampilan standar masih terisa di bagian atas, namun kaki-kaki dan bagian depan sudah berubah total. Satria yang seharusnya berada di jalanan aspal kini dipaksa pindah habitat di jalanan berbatu, lumpur, atau medan off-road lainnya.

Inilah hasil garapan Arena Motor dibuat khusus untuk Suzuki di JFK. Ubahan utama untuk motor trail adalah kaki-kaki. Sokbreker depan diganti buatan DBS dengan sistem terbalik (upside down). Pelek diganti keluaran TK Japan, depan ring 18 dan belakang ring 17.

Suzuki Indomobil Sales Ubahan maksimal ada pada kaki-kaki.
Ubahan di kabel rem, kopling, jari-jari, disc serta tromol trail merek Expedition pun disematkan untuk menghasilkan kesan trail yang sangat kuat. Spakbor ala supermoto pun dipasang untuk mendukung modifikasi ini.

Ban pacul SB117 100/80 di depan dan 120/80 R17 pakai ban dalam. Peranti rem diperkuat untuk mengimbangi penampilan, yakni dengan menggunakan Nissin. Satu set gir pun ikut berubah, pakai SSS yang lebih kuat dan besar.

Soal penampilan, setang diubah menggunakan tipe trail yang lebih lebar. Knalpot Pro Speed dipasang menengadah ke atas. Agak kurang berimbang di bagian ini, karena knlapot itu lebih cocok untuk penggunaan jalanan. Namun dengan alasan performa, hal ini bisa dilakukan.

Suzuki tak membuka keran pemesanan untuk Satria modifikasi ini. Pajangan di JFK hanya untuk menjadi inspirasi bahwa tenaga dan torsi besar Satria bisa digunakan sebagai basis motor trail yang memang membutuhkan torsi berlimpah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.