Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Satria Turbo Berani Tantang Ninja 300

Kompas.com - 01/07/2016, 13:36 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Suzuki Satria F150 masih menjadi salah satu idola penggemar motor kencang. Itulah alasan yang pas buat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberi penegasan, bahwa motor ini belum ada lawan yang sepadan.

Dipamerkan di ajang Jakarta Fair Kemayoran 2016 sosok Suzuki Satria F150 yang dilengkapi dengan peranti turbo. Mencengangkan memang, dan ternyata sosoknya cukup menarik perhatian pengunjung booth Suzuki di aera outdoor JI Expo, Kemayoran.

Sentuhan ”modifikasi berat” itu bikin sang ayam jago makin bengis. SIS mengklaim turbo charger yang tersemat membuat tenaganya naik dua kali lipat! Jika tenaga maksimal standar mencapai 18 tk, versi ini tercatat mampu tembus 36 tk!

Tenaga itu bisa dikatakan jauh lebih besar dengan motor-motor 250 cc macam Kawasaki Ninja atau Yamaha R25 yang tenaganya ada di kisaran 32 tk. Lawan sepadan mungkin bisa dengan Ninja 300 dengan power yang mirip.

Apa rahasianya? Suzuki tak menutup-nutupi. Basis mesin Satria 150MFX GP Edition ditambahkan peranti turbo IHI dari Jepang. Peranti pendukung, dipasang blow-off valve HKS, turbo timer, electronic boost control dari Shadow. Piggyback dipasang agar semuanya selaras, pakai Juice Box dari Two Brother.

Komposisi itu didukung dengan air filter dan breather filter dari UNI. Indikator blow-off valve dipasang menggunakan merek Autogauge.

Sebagai penyeimbang penampilan, handel rem diganti merek Kitaco, lalu dipasang selang Active. Gas spontan disematkan juga, pakai buatan Cycle Pirates. Setang distabilkan dengan stabilizer Hiper Pro.

Pijakan kaki KTC, suspensi belakang Gazi, dan handel gas Arriete melengkai penampilan. Tak lupa pasang knalpot performa, dipercayakan pada merek Two Brother.

Kalau sudah begini, siapa yang mau lawan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com