Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spion Motor Ini Bisa Ganti Arah Sendiri

Kompas.com - 24/06/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Beda seperti mobil, mendapat visual belakang saat mengendarai sepeda motor bukan hal mudah. Spion pada motor hanya ada dua, itupun ukurannya tidak begitu besar. Kendalanya, gerakan biker di atas motor selalu dinamis sementara spion tetap mengarah ke area yang sama.

Gara-gara masalah itu biker asal Polandia, Bartosz Ambrozkiewicz, pernah terlibat kecelakaan. Sebenarnya kecelakaan itu tidak perlu terjadi bila dia mendapat pandangan belakang lebih baik.

Setelah kejadian, Bartosz berusaha mencari solusi lain dari spion konvensional. Akhirnya, proyek Zercado pun tercipta.

Bersama tim kecil, spion yang bisa mengatur arah cermin secara otomatis dibuat. Spion ini terkoneksi dengan sensor atau ponsel pintar yang disimpan di jaket. Setiap kali gerakan bikers berubah, arah pantulan terkoreksi.

Bagian cermin dibuat aspherical buat mengeleminasi blind spot. Di bagian belakangnya dilengkapi lampu yang bisa terintegasi dengan sein motor.

Dikatakan spion cocok buat sepeda motor sport atau naked. Pada kedua jenis itu, bikers cenderung lebih banyak bergerak.

Desain spion Zercado telah memenangkan berbagai penghargaan, di antaranya Microsoft Imagine Cup 2015 dan medali emas Inventions Geneva 2016. Rencananya spion dijual 250 dollar Amerika Serikat,(Rp 3,3 juta), namun belum disebutkan kapan mau dijual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com