Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bugatti Chiron Tumbangkan Kecepatan Mobil Balap

Kompas.com - 23/06/2016, 14:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Le Mans, KompasOtomotif – Bugatti Chiron menggoreskan penggalan cerita di Le Mans, Perancis, minggu lalu. Mobil super kencang yang kerap disebut hypercar itu dijajal dengan kecepatan sangat tinggi, dan angkanya mengalahkan mobil-mobil balap yang balapan di sirkuit legendaris itu.

Sebelum memulai balap ketahanan 24 jam, 15-19 Juni 2016, Bugatti kembali ke lintasan ini setelah puluhan tahun. Bukan untuk balapan, tapi ikut parade lap. Chiron yang menggantikan Veyron, dikemudikan Wolfgang Durheimer, Presiden Bugatti itu sendiri.

Durheimer melesatkan mobil super itu hingga 236 mph, atau setara dengan 380 kpj! Angka itu sangat impresif, mengingat paling banter mobil balap 24 jam yang berlomba di sini ”cuma” mencapai 213 mph, atau setara 342 kpj.

”Kami punya hubungan yang erat dengan sirkuit ini, dimana kami pernah merayakan kemenangan (di dunia balap) di sni. Sukses masa lalu terasa bergabung dengan masa kini. Kami mengirimkan salam untuk semua fans di Perancis dan seluruh dunia,” ucap Dürheimer.

Kecepatan sensasional itu datang dari mesin 16 silinder yang bertenaga maksimal 1.478 tk dan torsi puncak 1.599 Nm. Angka-angka itu memang sensasional, mengindikasikan Chiron menjadi Bugatti yang tercepat.

Menyandang gelar sebagai super sport car paling bertenaga, cepat, dan paling luks, Chiron pertama kali dilihat publik di ajang Geneva Motor Show 2016 lalu.

Bugatti akan memproduksi hanya 500 unit Chiron dengan banderol permulaan 2,4 juta Euro, atau setara Rp 36 miliaran. Meski harganya bikin pusing, nyatanya Bugatti sudah mengklaim bahwa model ini sudah terjual 200-an unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com